Skip to main content

11 Manfaat Minyak Kayu Putih untuk Kesehatan

Manfaat minyak kayu putih untuk kesehatan - Minyak kayu putih yakni salah satu minyak herbal yang terbuat dari proses penyuntingan daun dan ranting kayu putih. Biasanya minyak ini digunakan untuk aneka macam macam pengobatan tradisional, menyerupai perut kembung, masuk angin, tubuh panas, demam, pileg, dan lain sebagainya.

Berbicara mengenai minyak kayu putih, minyak ini sudah banyak digunakan di kalangan masyarakat. Mulai dari masyarakat kalangan bawah sampai atas. Hal ini karena minyak kayu putih terbukti akan manfaat dan khasiatnya yang baik untuk menjaga kesehatan tubuh dan meningkatkannya. Banyak kandungan zat penting yang terdapat di dalamnya yang berperan penting dalam dunia kesehatan. Tentunya zat tersebut aman untuk dimanfaatkan.

Bagi sebagian orang, mungkin ada yang belum mengerti apa manfaat dari minyak kayu putih? Dan kita mampu menggunakannya untuk pengobatan apa saja? Nah, berikut ini beberapa manfaat minyak kayu putih untuk kesehatan:
Manfaat minyak kayu putih untuk kesehatan  11 Manfaat Minyak Kayu Putih untuk Kesehatan
11 Manfaat Minyak Kayu Putih untuk Kesehatan

1. Aromaterapi

Minyak kayu putih memiliki sifat antibakteri dan antimikroba yang sangat baik bagi kesehatan tubuh. Biasanya minyak ini sering digunakan dalam aneka macam jenis produk sabun, deodorant, losion, parfum, dan lain sebagainya. Hal ini karena minyak kayu putih memiliki sensasi hangat dan beraroma lebih lembut, sehingga akan menunjukkan efek ketenangan bagi siapapun yang menggunakannya.

2. Mengobati pusing atau sakit kepala

Bagi anda yang memiliki duduk perkara sakit kepala atau pusing, anda juga mampu memanfaatkan minyak kayu putih. Minyak ini memiliki aroma yang menenangkan yang dapat meredakan sakit kepala atau pusing. Dengan menyak ini, maka sakit kepala akan lebih cepat reda dan sembuh. 

3. Meredakan gangguan keluhan perut

Ketika anda mengoleskan minyak kayu putih pada perut anda, maka perut anda akan terasa lebih hangat dan terasa lebih nyaman. Dengan mengoleskan minyak kayu putih pada perut, maka perut kembung akan reda. Segala jenis gangguan perut menyerupai masuk angin, sakit perut, maupun rasa mual akan lebih cepat reda.

4. Mengurangi gejala demam

Gejala demam yang sering terjadi juga mampu diatasi dengan memanfaatkan minyak kayu putih. Minyak kayu putih memiliki efek yang baik dalam mengatasi demam. Terapkanlah kompres cuek dengan larutan air yang telah dicampur dengan beberapa tetes minyak kayu putih, maka akan membantu menunjukkan efek baik yang dapat membantu menurunkan demam.

5. Meringankan nyeri pada punggung

Nyeri punggung memang terasa sangat menyakitkan. Untuk meringankan rasa nyeri yang dirasakan, anda mampu mengaplikasikan minyak kayu putih sebagai obat alami. Minyak ini bersifat anti inflamasi yang dapat membantu meringankan rasa sakit. Campurkan beberapa tetes minyak kayu putih, zaitun, dan minyak jarak, lalu aplikasikan pada dikala memijat di lokasi yang nyeri.

6. Mengurangi peradangan pada selaput lendir

Minyak kayu putih juga dapat membantu mengobati sinusitis dan kemacetan sinus umum. Cukup campurkan minyak kayu putih pada terapi penguapan dengan air. Masaklah air sampai mendidih dan masukkan 20 tetes minyak kayu putih, lalu hiruplah uap dari minyak esensial tersebut. Lakukan secara rutin.

7. Meredakan kram otot

Kram pada otot memang rasanya tidak karuan sakitnya. Oleh alasannya itu segeralah diatasi dengan aneka macam cara yang aman. Salah satu cara untuk meredakannya yaitu dengan memanfaatkan minyak kayu putih. Minyak esensial ini dapat membantu meredakan aneka macam macam kram. Anda mampu menambahkannya pada air yang anda gunakan untuk mandi. Berendamlah ke dalam air tersebut.

8. Mengurangi resiko kejang dan pingsan

Akan sangat berbahaya jikalau membiarkan orang kejang-kejang atau pingsan. Untuk mencegah dan mengatasi kejang-kejang serta pingsan, anda mampu menggunakan minyak kayu putih. Oleskan minyak kayu putih di bawah hidung dan kawasan sekitar bibir anda. Dengan begitu, maka pingsan atau kejang-kejang akan segera terselamatkan.

9. Pengusir nyamuk

Minyak kayu putih juga sangat ampuh dalam hal mengusir nyamuk. Dan anda juga mampu memanfaatkan semprotan minyak kayu putih untuk mengusir kutu atau kecoa. Anda hanya cukup menyemprotkan minyak kayu putih pada area yang terdapat banyak nyamuk atau kutu dan sebagainya.

10. Mengobati diabetes dan obesitas

Untuk mengobati diabetes dan obesitas, anda juga dapat memanfaatkan minyak kayu putih. Minyak ini memiliki manfaat yang baik untuk mengobati diabetes dan obesitas. Seperti yang telah dijelaskan dalam studi yang termuat dalam jurnal Of Natural Obat, April 2013, dari Institute of Natural Medicine, University of Toyama, Jepang.

11. Mengobati penyakit kulit

Anda juga dapat mengobati kulit anda dengan minyak kayu putih. Jika anda memiliki penyakit kulit menyerupai infeksi, luka bernanah, atau penyakit kulit lainnya, anda mampu memanfaatkan minyak kayu putih. Cukup oleskan minyak kayu putih pada adegan kulit anda yang terluka atau sedang sakit. Beberapa dikala kulit anda akan terasa lebih baik.

Demikianlah berita perihal 11 Manfaat Minyak Kayu Putih untuk Kesehatan. Semoga berita diatas bermanfaat. Terimakasih.

Popular posts from this blog

Daftar Pantangan bagi Penderita Asam Urat

Daftar pantangan bagi penderita asam urat - Banyak orang yang bertanya-tanya mengenai makanan atau minuman apa saja sih yang menjadi pantangan bagi mereka penderita penyakit asam urat? Hal ini tidaklah mengherankan, mengingat cukup tingginya penderita penyakit sendi asam urat di Indonesia. Berbicara wacana asam urat, penyakit ini terjadi tanggapan adanya kandungan asam urat dalam darah yang cukup tinggi. Penyakit ini memang tidak menyebabkan kematian, namun penyakit asam urat ini dapat menyebabkan munculnya rasa nyeri bahkan mampu sampai terjadi kecacatan. Oleh alasannya yaitu itu sangat perlu bagi kita untuk melaksanakan penanganan dan penyembuhan, lebih-lebih lagi melaksanakan pencegahan. Penyakit asam urat disebabkan oleh banyak sekali macam faktor, namun yang paling umum biasanya karena faktor genetik atau keturunan. Cegahlah dan atasilah penyakit asam urat dengan menerapkan teladan hidup sehat. Salah satunya yaitu dengan menghindari makanan atau minuman yang menjadi pant

Makanan yang Baik untuk Kesehatan Mata

Makanan yang baik untuk kesehatan mata - Mata merupakan episode badan yang memiliki fungsi penting dalam kehidupan kita. Tanpa mata, kita tidak akan bisa melihat apa yang ada di depan kita. Itu sebabnya kita harus selalu menjaga kesehatan mata kapanpun dan di manapun. Untuk menjaga kesehatan mata, sesungguhnya ada banyak cara yang bisa kita lakukan untuk menjaga dan meningkatkan kesehatan mata kita. Dan yang paling utama ialah dengan selalu menerapkan contoh hidup sehat setiap harinya, mulai dari olahraga rutin, istirahat cukup, mengkonsumsi makanan bergizi, dan hindari kebiasaan yang dapat merusak kesehatan mata. Berbicara perihal makanan bergizi yang baik untuk kesehatan mata, ada banyak makanan yang bisa anda pilih, tentunya makanan yang dapat mendukung kesehatan mata kita. Nah, biar mata kita tetap terjaga kesehatannya, berikut ini beberapa makanan yang baik untuk kesehatan mata: Makanan yang Baik untuk Kesehatan Mata 1. Wortel Sayuran wortel memang sudah tidak

Penyebab Pilek dan Cara Mengobatinya

Penyebab pilek dan cara mengobatinya - Pilek yaitu salah satu jenis abses ringan yang terjadi pada hidung, susukan sinus, tenggorokan, dan susukan episode atas jawaban serangan virus. Biasanya pilek lebih sering dialami oleh bawah umur sampai dewasa, hal itu tergantung contoh hidup yang diterapkan dan kuatnya daya tahan tubuh setiap orang. Berbicara mengenai pilek, ada banyak hal yang menjadi penyebab terjadinya pilek. Seperti yang telah disinggung di atas, yang paling utama yaitu karena contoh hidup yang kurang sehat. Jika daya tahan tubuh kurang dan contoh hidupnya tidak sehat, maka akan semakin besar resiko terserang pilek. Biasanya orang yang terserang pilek akan mengalami beberapa gejala yang dapat dikenali. Antara lain, hidung sering mengeluarkan ingus, sering bersin, sering batuk, pernafasan tidak lancar, dan lain sebagainya. Lantas, bagaimana cara mengobati dan mencegah pilek? Untuk mencegah dan mengobati pilek, yang paling utama yaitu tahu mengenai penyebab dan gejal