Skip to main content

12 Manfaat Daun Kumis Kucing untuk Kesehatan

Manfaat daun kumis kucing untuk kesehatan - Kumis kucing ialah salah satu tanaman yang masuk dalam kategori atau golongan famili lamicaeae/labiatae yang banyak dijumpai di negara kita, yaitu Indonesia. Tanaman ini sudah dipercaya akan manfaat dan khasiatnya bagi kesehatan tubuh.

Berbicara mengenai kumis kucing, bergotong-royong tanaman ini berasal dari Afrika, tanaman kumis kucing bercirikan batang lembap dan tegak, daun bundah/lonjong antara 1-10cm, mahkota bunga berwarna putih atau putih keunguan. Biasanya tanaman kumis kucing mudah tumbuh di tanah yang  subur, gembur, berhumus, serta memiliki tata air dan udara yang baik.

Banyak manfaat yang bisa didapatkan dengan memanfaatkan kumis kucing. Hal ini sebab adanya kandungan zat semak dan kalium yang bisa menyembuhkan banyak sekali penyakit. Terutama yang bermanfaat dari tanaman kumis kucing ialah episode daunnya. Berikut ini beberapa manfaat daun kumis kucing untuk kesehatan:
Manfaat daun kumis kucing untuk kesehatan  12 Manfaat Daun Kumis Kucing untuk Kesehatan
12 Manfaat Daun Kumis Kucing untuk Kesehatan

1. Mengobati batuk

Daun kumis kucing memiliki banyak manfaat baik untuk tubuh, salah satunya yaitu untuk mengobati batuk. Batuk memang umum diderita oleh semua orang. Untuk mengobati batuk, anda bisa memanfaatkan daun kumis kucing. Daun ini dapat membantu menghilangkan rasa gatal pada tenggorokan, sehingga tidak gatal lagi dan batuk hilang perlahan. Anda cukup menyiapkan 15-20gr daun kumis kucing segar dan segelas air. Cucilah hingga bersih dan rebuslah hingga mendidih. Minum 3 kali sehari sebanyak 1 gelas.

2. Masuk angin

Bagi anda yang sedang mengalami gangguan kesehatan menyerupai masuk angin, anda juga bisa memanfaatkan daun kumis kucing. Rebuslah daun tersebut dengan segelas air. Setelah mendidih silahkan tunggu hingga hangat dan minumlah secara teratur. Cara ini bisa membantu mengeluarkan angin yang ada dalam perut anda.

3. Sakit pinggang

Sakit pinggang memang sangat merepotkan, apalagi kalau kita sedang banyak pekerjaan atau acara yang lumayan berat, sehingga tidak bisa melaksanakan acara itu dengan lancar. Untuk mengobati sakit punggung, anda bisa mengkonsumsi ramuan daun kumis kucing. Rebuslah 7 lembar daun kumis kucing, 2 potong akar kumis kucing dan segelas air hingga mendidih. Minumlah 2x sehari rutin.

4. Keputihan

Keputihan pada wanita juga bisa anda atasi dengan memanfaatkan daun kumis kucing. Caranya cukup merebus sedikit daun kumis kucing dan daun beluntas. Tambahkan 1 sendok teh jintan hitam dan 10 biji kemukus. Setelah direbus dan mendidih, silahkan minum airnya secara rutin hingga problem keputihan teratasi.

5. Sembelit

Gangguan pencernaan yang satu ini juga bisa anda obati dengan ramuan daun kumis kucing. Sembelit terjadi akhir adanya pengerasan tinja, sehingga sulit untuk buang air besar. Agar lebih maksimal lagi dalam mengobati sembelit, anda perlu mengkonsumsi makanan berserat lebih banyak  dan buang air besar secara teratur.

6. Pengeluaran air kemih

Daun kumis kucing sangat baik untuk proses kencing, yaitu dapat memperlancar keluarnya air kemih atau air seni. Jika seseorang sulit untuk mengeluarkan air kemi, itu tandanya terjadi nanah pada terusan kencingnya. Untuk mengatasinya, silahkan ambil 25 gr daun kumis kucing segar. Lalu rebus dengan 2 gelas air putih sekitar 15 menit. Setelah mendidih, tunggu hangat dan minulah airnya.

7. Mengobati asam urat

Penyakit asam urat bisa anda sembuhkan dengan ramuan daun kumis kucing. Asam urat ialah penyakit yang menyerang persendian terutama sendi jari kaki, jari tangan, tumit, dengkul, siku, dan pergelangan tangan. Biasanya asam urat terjadi akhir terlalu berlebihan mengkonsumsi zat purin. Untuk mengobatinya, cukup ambil 4-5 lembar daun kumis kucing dan daun meniran segar. Rebuslah dan minum airnya 3 kali sehari secara rutin.

8. Rematik

Bagi anda yang memiliki problem penyakit rematik, manfaatkanlah daun kumis kucing sebagai obat alami untuk menyembuhkannya. Anda cukup menyiapkan 5 helai daun kumis kucing serta daun mineran dengan 3 gelas air. Rebuslah bahan-bahan tersebut. Setelah mendidih tungguh hingga sedikit hangat. Lalu minum secara rutin 3 kali sehari sebanyak setengah gelas setiap minuman.

9. Diabetes

Diabetes juga merupakan salah satu penyakit yang bisa disembuhkan dengan menggunakan ramuan daun kumis kucing. Anda hanya perlu merebus 15 lembar daun kumis kucing dengan 2 gelas air. Setelah rebusan itu sedikit mendingin, silahkan minum airnya satu kali dalam sehari secara rutin untuk menerima hasil maksimal.

10. Batu ginjal

Batu ginjal ialah salah satu penyakit berbahaya yang tidak boleh dibiarkan begitu saja. Segera atasi dengan bahan-bahan alami menyerupai daun kumis kucing.  Rebuslah 20 lembar daun kumis kucing dan 5 lembar daun keji kaca dengan 2 gelas air. Setelah mendidih tunggu hingga hangat dan minumlah secara teratur. Dengan demikian, maka kerikil ginjal perlahan akan larut.

11. Hipertensi

Hipertensi atau tekanan darah tinggi dapat memicu datangnya banyak sekali macam penyakit. Biasanya akan menjadikan efek pusing dan sebagainya. Bahkan hipertensi bisa menyebabkan seseorang mudah marah. Untuk mengatasi hipertensi, rebuslah 50 gr daun kumis kucing, lalu seduhlah kumis kucing lembap dengan air panas. Campurkan kedua ramuan tersebut dan minum secara teratur.

12. Gatal akhir alergi

Gatal-gatal akhir alergi memang sangat menyusahkan. Apalagi gatal sebab alergi dengan makanan atau suasana tertentu, akan sangat merepotkan. Maka atasilah dengan memanfaatkan materi alami menyerupai kumis kucing. Bukan hanya gatal, akan tetapi juga dapat mengatasi gejala alergi lainnya menyerupai bersin, kelelahan, dan sebagainya. Siapkan setengah gengam daun kumis kucing dan sambiloto serta daun meniran. Siapkan juga 2 jari temulawak dan 4 gelas air. Rebus semua bahan. Lalu minumlah 2 kali sehari.

Demikianlah info ihwal 12 Manfaat Daun Kumis Kucing untuk Kesehatan. Semoga info diatas bermanfaat. Terimakasih.

Popular posts from this blog

Daftar Pantangan bagi Penderita Asam Urat

Daftar pantangan bagi penderita asam urat - Banyak orang yang bertanya-tanya mengenai makanan atau minuman apa saja sih yang menjadi pantangan bagi mereka penderita penyakit asam urat? Hal ini tidaklah mengherankan, mengingat cukup tingginya penderita penyakit sendi asam urat di Indonesia. Berbicara wacana asam urat, penyakit ini terjadi tanggapan adanya kandungan asam urat dalam darah yang cukup tinggi. Penyakit ini memang tidak menyebabkan kematian, namun penyakit asam urat ini dapat menyebabkan munculnya rasa nyeri bahkan mampu sampai terjadi kecacatan. Oleh alasannya yaitu itu sangat perlu bagi kita untuk melaksanakan penanganan dan penyembuhan, lebih-lebih lagi melaksanakan pencegahan. Penyakit asam urat disebabkan oleh banyak sekali macam faktor, namun yang paling umum biasanya karena faktor genetik atau keturunan. Cegahlah dan atasilah penyakit asam urat dengan menerapkan teladan hidup sehat. Salah satunya yaitu dengan menghindari makanan atau minuman yang menjadi pant

Makanan yang Baik untuk Kesehatan Mata

Makanan yang baik untuk kesehatan mata - Mata merupakan episode badan yang memiliki fungsi penting dalam kehidupan kita. Tanpa mata, kita tidak akan bisa melihat apa yang ada di depan kita. Itu sebabnya kita harus selalu menjaga kesehatan mata kapanpun dan di manapun. Untuk menjaga kesehatan mata, sesungguhnya ada banyak cara yang bisa kita lakukan untuk menjaga dan meningkatkan kesehatan mata kita. Dan yang paling utama ialah dengan selalu menerapkan contoh hidup sehat setiap harinya, mulai dari olahraga rutin, istirahat cukup, mengkonsumsi makanan bergizi, dan hindari kebiasaan yang dapat merusak kesehatan mata. Berbicara perihal makanan bergizi yang baik untuk kesehatan mata, ada banyak makanan yang bisa anda pilih, tentunya makanan yang dapat mendukung kesehatan mata kita. Nah, biar mata kita tetap terjaga kesehatannya, berikut ini beberapa makanan yang baik untuk kesehatan mata: Makanan yang Baik untuk Kesehatan Mata 1. Wortel Sayuran wortel memang sudah tidak

Penyebab Pilek dan Cara Mengobatinya

Penyebab pilek dan cara mengobatinya - Pilek yaitu salah satu jenis abses ringan yang terjadi pada hidung, susukan sinus, tenggorokan, dan susukan episode atas jawaban serangan virus. Biasanya pilek lebih sering dialami oleh bawah umur sampai dewasa, hal itu tergantung contoh hidup yang diterapkan dan kuatnya daya tahan tubuh setiap orang. Berbicara mengenai pilek, ada banyak hal yang menjadi penyebab terjadinya pilek. Seperti yang telah disinggung di atas, yang paling utama yaitu karena contoh hidup yang kurang sehat. Jika daya tahan tubuh kurang dan contoh hidupnya tidak sehat, maka akan semakin besar resiko terserang pilek. Biasanya orang yang terserang pilek akan mengalami beberapa gejala yang dapat dikenali. Antara lain, hidung sering mengeluarkan ingus, sering bersin, sering batuk, pernafasan tidak lancar, dan lain sebagainya. Lantas, bagaimana cara mengobati dan mencegah pilek? Untuk mencegah dan mengobati pilek, yang paling utama yaitu tahu mengenai penyebab dan gejal