Skip to main content

15 Manfaat Ubi Jalar untuk kesehatan

Manfaat ubi jalar untuk kesehatan - Mengkonsumsi buah-buahan dan sayuran sangatlah penting untuk menjaga kesehatan tubuh, salah satunya yaitu mengkonsumsi ubi jalar. Ubi jalar sangat mudah untuk kita temui, bahkan di pasar-pasar pun banyak yang menjual sayuran ubi jalar ini. Jadi, anda tidak perlu repot-repot mencari kesana kemari.

Berbicara mengenai ubi jalar, biasanya ubi ini sering diolah menjadi makanan cemilan. Banyak yang memanfaatkan ubi jalar sebagai cemilan maupun makanan pokok. Hanya saja di Indonesia belum banyak yang menggunakan ubi jalar sebagai makanan pokok. Namun asal kita ketahui, ubi jalar memiliki banyak manfaat yang baik untuk kesehatan. Hal ini karena adanya kandungan gizi dan nutrisi di dalamnya yang begitu melimpah.

Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan, mengkonsumsi makanan nabati ibarat ubi jalar dapat membantu mengurangi resiko obesitas, diabetes, penyakit jantung, dan masih banyak lagi. Nah, berikut ini beberapa manfaat ubi jalar untuk kesehatan:
buahan dan sayuran sangatlah penting untuk menjaga kesehatan badan 15 Manfaat Ubi Jalar untuk kesehatan
15 Manfaat Ubi Jalar untuk kesehatan

1. Meningkatkan imunitas

Sistem imunitas badan yang selalu meningkat dan berpengaruh dapat menjadi keuntungan bagi kesehatan tubuh. Ya, dengan sistem imun yang kuat, badan pun akan menjadi berpengaruh dan kebal terhadap serangan banyak sekali macam penyakit. Untuk meningkatkan sistem imun tubuh, anda bisa mengkonsumsi ubi jalar secara rutin. Kandungan vitamin C dan beta karoten di dalamnya sangat baik untuk menjaga dan meningkatkan kesehatan tubuh.

2. Mengatasi peradangan

Ubi jalar memiliki kandungan nutrisi yang berjulukan kolin. Nutrisi tersebut sangat bermanfaat dalam membantu memudahkan anda tidur, membantu gerakan otot, belajar, dan meningkatkan memori. Dengan mengkonsumsi ubi jalar secara rutin, struktur membran sel dalam badan akan lebih berpengaruh dalam pertahannya, transmisi impuls saraf pun akan lebih terbantu. Selain itu, pencerapan lemak akan lebih mudah dan inflammation lebih berkurang.

3. Sumber energi

Pasokan energi sangatlah penting bagi badan kita. Hal ini ditujukan semoga badan menjadi lebih berpengaruh dalam menjalani acara setiap harinya. Nah, kandungan mineral zat besi dan magnesium di dalamnya sangat baik untuk meningkatkan energi dalam tubuh. Zat besi pada ubi jalar juga dapat merangsang produksi pembentukan sel darah bagi tubuh.

4. Menyehatkan pencernaan

Pencernaan yang kurang sehatbisa menjadi penyebab datangnya banyak sekali persoalan kesehatan, ibarat BAB yang tidak lancar, sembelit, dan lain sebagainya. Untuk mengatasinya, anda bisa mengkonsumsi ubi jalar. Ubi jalar memiliki kandungan serat yang baik untuk kesehatan pencernaan. Konsumsilah secara rutin.

5. Atasi bronkitis dan asma

Penyakit bronkitis dan asma memang tidak bisa dibiarkan begitu saja, untuk mengatasi dan mencegahnya, anda bisa mengkonsumsi ubi jalar secara rutin. Ubi ini memiliki kandungan vitamin C, besi, serta nutrisi lainnya yang dapat membantu mengatasi penyakit bronkitis dan asma, serta persoalan gangguan pernafasan.

6. Mengobati stres

Bagi anda yang mudah stres, anda bisa memanfaatkan ubi jalar. Stres memang terasa tidak nyaman, obatilah dengan mengkonsumsi ubi jalar secara rutin. Kandungan vitamin B dalam bentuk asam pantotenat pada ubi jalar dapat membantu mengatasi stres yang anda alami. Anda hanya perlu mengkonsumsinya secara rutin.

7. Mengobati sakit artritis

Ubi jalar juga memiliki komposisi betakaroten, magnesium, seng, dan vitamin B kompleks. Semua kandungan tersebut sangat baik untuk mengobati atritritis. Anda cukup mengkompres episode badan yang mengalami sakit jawaban artritis dengan menggunakan air rebusan ubi jalar. Lakukan secara rutin sampai sakit artritis anda sembuh.

8. Menjaga kesehatan gigi dan gusi

Kesehatan gigi dan gusi sangat penting untuk diperhatikan. Apabila gigi atau gusi sakit, maka acara pun menjadi terganggu, mau apapun terasa tidak nyaman, makan apapun terasa tidak nyaman. Itu sebabnya anda perlu menjaga kesehatan gigi dan gusi. Konsumsilah ubi jalar, kandungan vitamin A dan C di dalamnya bisa membantu menjaga kesehatan gigi dan gusi anda.

9. Memperkuat tulang

Tulang anda juga bisa menjadi lebih berpengaruh dan kokoh dengan rutin mengkonsumsi ubi jalar. Kandungan mineral di dalamnya akan membantu anda dalam melawan banyak sekali macam penyakit tulang maupun persendian. Kandungan mangan di dalamnya juga dapat menawarkan sampai 44 % dari RDA anda. Sangat baik untuk mencegah penyakit tulang ibarat osteoporosis dan sebagainya.

10. Mencegah diabetes

Ubi jalar mengandung indeks glikemik rendahm, bahkan berdasarkan penelitian bahwa ubi jalar bisa mengurangi kadar gula darah dan resistansi insulin pada penderita diabetes. Mengkonsumsi ubi jalar satu buah saja dapat menawarkan sekitar 6 gram serat, sangat cocok bagi anda yang memiliki persoalan dnegan diabetes.

11. Mengurangi tekanan darah

Tekanan darah rendah memang dapat memicu banyak sekali macam gangguan kesehatan. Yang biasa dialami dikala tekanan darah rendah ibarat lemas, pusing, dan tidak berpengaruh berjalan. Kandungan kalium pada ubi jalar bisa anda manfaatkan untuk membantu menormalkan kembali tekanan darah anda yang rendah. Sehingga akan terbebas dari anemia.

12. Mengatur kadar kolesterol

Kadar kolesterol yang tinggi memang sangat membahayakan tubuh, untuk mengataurnya kembali semoga bisa stabil, anda bisa mengkonsumsi ubi jalar secara teratur. Kandungan serat dalam ubi jalar telah terbukti bisa menurunkan kadar kolesterol dalam tubuh. Jadi, anda tidak perlu khawatir kadar kolesterol naik.

13. Menjaga kesehatan jantung

Kesehatan jantung sangatlah penting untuk diperhatikan, salah satu caranya yaitu dengan mengkonsumsi ubi jalar. Kandungan vitamin B6 di dalamnya sangat baik untuk kesehatan jantung. Bahkan dapat memenuhi 27 % dari AKG. Mengkonsumsi ubi jalar secara rutin akan membantu mencegah penumpukan homosistein dalam darah. Sehingga resiko penyakit jantung akan berkurang.

14. Mengatasi kanker

Penyakit kanker ialah salah satu penyakit mematikan yang perlu diperhatikan. Jika penyakit ini menyerang badan dan dibiarkan akan sangat berbahaya. Segera atasi dengan memanfaatkan bahan-bahan alami ibarat ubi jalar. Kandungan vitamin C dalam ubi jalar merupakan komponen penting dalam mengatasi kanker. Terutama kanker kolon, usus halus, prostat, ginjal, dan lainnya.

15. Mencegah keriput

Selain untuk kesehatan, ubi jalar juga baik untuk kecantikan, yaitu dapat membantu mencegah keriput dan tanda penuaan dini lainnya. Kandungan vitamin E di dalamnya dapat membantu mencegah penuaan kulit. Dengan mengkonsumsi secara rutin, maka kesehatan dan kecantikan kulit wajah akan lebih terjaga.

Demikianlah gosip ihwal 15 Manfaat Ubi Jalar untuk kesehatan. Semoga gosip diatas bermanfaat. Terimakasih.

Popular posts from this blog

Daftar Pantangan bagi Penderita Asam Urat

Daftar pantangan bagi penderita asam urat - Banyak orang yang bertanya-tanya mengenai makanan atau minuman apa saja sih yang menjadi pantangan bagi mereka penderita penyakit asam urat? Hal ini tidaklah mengherankan, mengingat cukup tingginya penderita penyakit sendi asam urat di Indonesia. Berbicara wacana asam urat, penyakit ini terjadi tanggapan adanya kandungan asam urat dalam darah yang cukup tinggi. Penyakit ini memang tidak menyebabkan kematian, namun penyakit asam urat ini dapat menyebabkan munculnya rasa nyeri bahkan mampu sampai terjadi kecacatan. Oleh alasannya yaitu itu sangat perlu bagi kita untuk melaksanakan penanganan dan penyembuhan, lebih-lebih lagi melaksanakan pencegahan. Penyakit asam urat disebabkan oleh banyak sekali macam faktor, namun yang paling umum biasanya karena faktor genetik atau keturunan. Cegahlah dan atasilah penyakit asam urat dengan menerapkan teladan hidup sehat. Salah satunya yaitu dengan menghindari makanan atau minuman yang menjadi pant

Makanan yang Baik untuk Kesehatan Mata

Makanan yang baik untuk kesehatan mata - Mata merupakan episode badan yang memiliki fungsi penting dalam kehidupan kita. Tanpa mata, kita tidak akan bisa melihat apa yang ada di depan kita. Itu sebabnya kita harus selalu menjaga kesehatan mata kapanpun dan di manapun. Untuk menjaga kesehatan mata, sesungguhnya ada banyak cara yang bisa kita lakukan untuk menjaga dan meningkatkan kesehatan mata kita. Dan yang paling utama ialah dengan selalu menerapkan contoh hidup sehat setiap harinya, mulai dari olahraga rutin, istirahat cukup, mengkonsumsi makanan bergizi, dan hindari kebiasaan yang dapat merusak kesehatan mata. Berbicara perihal makanan bergizi yang baik untuk kesehatan mata, ada banyak makanan yang bisa anda pilih, tentunya makanan yang dapat mendukung kesehatan mata kita. Nah, biar mata kita tetap terjaga kesehatannya, berikut ini beberapa makanan yang baik untuk kesehatan mata: Makanan yang Baik untuk Kesehatan Mata 1. Wortel Sayuran wortel memang sudah tidak

Penyebab Pilek dan Cara Mengobatinya

Penyebab pilek dan cara mengobatinya - Pilek yaitu salah satu jenis abses ringan yang terjadi pada hidung, susukan sinus, tenggorokan, dan susukan episode atas jawaban serangan virus. Biasanya pilek lebih sering dialami oleh bawah umur sampai dewasa, hal itu tergantung contoh hidup yang diterapkan dan kuatnya daya tahan tubuh setiap orang. Berbicara mengenai pilek, ada banyak hal yang menjadi penyebab terjadinya pilek. Seperti yang telah disinggung di atas, yang paling utama yaitu karena contoh hidup yang kurang sehat. Jika daya tahan tubuh kurang dan contoh hidupnya tidak sehat, maka akan semakin besar resiko terserang pilek. Biasanya orang yang terserang pilek akan mengalami beberapa gejala yang dapat dikenali. Antara lain, hidung sering mengeluarkan ingus, sering bersin, sering batuk, pernafasan tidak lancar, dan lain sebagainya. Lantas, bagaimana cara mengobati dan mencegah pilek? Untuk mencegah dan mengobati pilek, yang paling utama yaitu tahu mengenai penyebab dan gejal