Skip to main content

9 Manfaat Daun Krokot bagi Kesehatan

Manfaat daun krokot bagi kesehatan - Krokot ialah salah satu tanaman yang sangat mudah tumbuh dimana saja. Entah itu diperkebunan, pekarangan, sawah, ladang, pinggir jalan, dan lain sebagainya. Untuk menanamnya pun tidak sulit, bahkan tanaman krokot yang dibuang pun mampu tumbuh dengan sendirinya.

Berbicara mengenai krokot, biasanya tanaman ini sering dijadikan maknan hewan ternak ibarat sapi dan kambing, yaitu pada adegan daunnya. Bagi sebagian orang, mungkin akan menganggap tanaman krokot sebagai tanaman yang tidak memiliki kegunaan selain sebagai makanan hewan ternak. Asal kita ketahui, bergotong-royong daun krokot memiliki banyak manfaat yang sangat baik untuk kesehatan tubuh. Telah banyak masyarakat yang memanfaatkan daun krokot sebagai obat tradisional untuk banyak sekali macam penyakit dan gangguan kesehatan..

Banyaknya manfaat daun krokot tidak lepas dari kandungan zat gizi dan nutrisi di dalamnya. Daun krokot mengandung tanin, fosfor, saponin, kalsium, fosfat, zat besi, vitamin A, vitamin B, vitamin C, magnesium, sodium, dan masih banyak lagi. Nah, berikut ini beberapa manfaat daun krokot untuk kesehatan tubuh:

Krokot ialah salah satu tanaman yang sangat mudah tumbuh dimana saja 9 Manfaat Daun Krokot bagi Kesehatan
9 Manfaat Daun Krokot bagi Kesehatan

1. Mengobati bisul

Daun krokot memiliki kandungan beberapa zat yang efektif dalam mengobati bisulan. Bagi anda yang memiliki problem bisulan, anda mampu memanfaatkan daun krokot sebagai obat alami. Cukup minum teh krokot setiap hari sebanyak sepertiga cangkir teh, hingga nanah terasa mengempis dan kering atau hilang tanpa meninggalkan bekas.

Baca juga : Penyebab gejala dan cara mengobati bisul

2. Obat demam

Untuk mengobati demam, anda juga mampu memilih daun krokot sebagai materi alami ramuan obat anda. Siapkan 2 batang krokot lalu dicuci hingga bersih. Kemudian direbus, tidak perlu hingga matang. Makanlah selagi masih hangat. Lakukan cara ini hingga demam pada badan anda menurun.

Baca juga : Cara alami menurunkan demam tanpa obat

3. Mengobati sakit kuning (juga radang gusi)

Sakit kuning mampu anda sembuhkan dengan daun krokot. Selain itu, kandungan pada daun krokot juga bsia mengobati radang gusi. Anda hanya perlu menyiapkan herba krokot sebanyak 200 gram lalu direbus. Kemudian dinginkan selama beberapa saat. Lalu minum air ramuan tersebut hingga sakitnya reda.

4. Mengobati disentri dan maag

Penyakit disentri dan maag memang sangat mengganggu, apalagi ketika waktu-waktu sibuk ibarat di daerah kerja. Untuk mengobatinya, anda cukup menyiapkan 50 gram daun krokot segar, lalu diuapkan selama 3-5 menit. Kemudian tumbuklah hingga halus dan peras untuk diambil airnya. Minumlah air perasan tersebut sehari tiga kali masing-masing sebanyak 50 cc.

Baca juga : Cara alami mengobati sakit maag

5. Mengobati borok dan radang kulit

Borok atau radang kulit mampu juga sangat mengganggu apabila terlihat oleh mata, alasannya ialah mengganggu penampilan. Untuk mengobatinya, anda hanya perlu mencuci segenggam krokot segar, tumbuk hingga halus, tambahkan sedikit garam, lalu oleskan pada adegan yang terdapat borok atau penyakit kulit pada badan anda.

6. Mengobati kencing darah

Kencing darah juga perlu anda atasi dengan cara alami, salah satunya yaitu dengan krokot. Siapkan krokot dalam bentuk herba sebanyak 100 gram. Lalu direbus hingga mendidih. Setelah itu saringlah airnya. Setelah terasa hangat, minumlah airnya air saringan tersebut secara rutin hingga kencing darah berhenti atau sembuh.

7. Mengatasi gugup, gelisah, dan jantung berdebar

Bagi anda yang sering gugup, gelisah, dan juga jantungnya sering berdebar-debar, tidak perlu khawatir, atasi dengan memanfaatkan daun krokot. Siapkan 4 batang krokot yang telah dicuci dan digiling, tambahkan setengah cangkir air matang, dan sesendok makan madu. Kemudian peraslah airnya lalu minum secara rutin. Lakukan cara ini 2 kali sehari. Maka gejala jantung berdebar akan berkurang.

8. Mengobati radang akut usus buntu

Penyakit radang akut usus buntu memang sangat membahayakan kalau dibiarkan begitu saja. Untuk itu segeralah diobati dengan banyak sekali cara yang cocok. Anda mampu memanfaatkan daun krokot untuk mengobatinya. Ambilah herga krokot segenggam, basuh hingga bersih lalu tumbuk dan peras hingga terkumpul airnya kurang lebih 30 ml. Tambahkan gula putih secukupnya. Minumlah 3x sehari.

9. Mengatasi keputihan

Keputihan pada wanita juga mampu diatasi dengan memanfaatkan daun krokot. Daun ini memiliki kandungan zat yang ampuh mengatasi keputihan. Siapkan 200 gram krokot lalu dijus dan diambil airnya. Masukkan putih telur, lalu ditim. Kemudian anda tinggal memakannya selagi masih hangat.

Demikianlah informasi wacana 9 Manfaat Daun Krokot bagi Kesehatan. Semoga informasi diatas bermanfaat. Terimakasih.

Popular posts from this blog

Daftar Pantangan bagi Penderita Asam Urat

Daftar pantangan bagi penderita asam urat - Banyak orang yang bertanya-tanya mengenai makanan atau minuman apa saja sih yang menjadi pantangan bagi mereka penderita penyakit asam urat? Hal ini tidaklah mengherankan, mengingat cukup tingginya penderita penyakit sendi asam urat di Indonesia. Berbicara wacana asam urat, penyakit ini terjadi tanggapan adanya kandungan asam urat dalam darah yang cukup tinggi. Penyakit ini memang tidak menyebabkan kematian, namun penyakit asam urat ini dapat menyebabkan munculnya rasa nyeri bahkan mampu sampai terjadi kecacatan. Oleh alasannya yaitu itu sangat perlu bagi kita untuk melaksanakan penanganan dan penyembuhan, lebih-lebih lagi melaksanakan pencegahan. Penyakit asam urat disebabkan oleh banyak sekali macam faktor, namun yang paling umum biasanya karena faktor genetik atau keturunan. Cegahlah dan atasilah penyakit asam urat dengan menerapkan teladan hidup sehat. Salah satunya yaitu dengan menghindari makanan atau minuman yang menjadi pant

Makanan yang Baik untuk Kesehatan Mata

Makanan yang baik untuk kesehatan mata - Mata merupakan episode badan yang memiliki fungsi penting dalam kehidupan kita. Tanpa mata, kita tidak akan bisa melihat apa yang ada di depan kita. Itu sebabnya kita harus selalu menjaga kesehatan mata kapanpun dan di manapun. Untuk menjaga kesehatan mata, sesungguhnya ada banyak cara yang bisa kita lakukan untuk menjaga dan meningkatkan kesehatan mata kita. Dan yang paling utama ialah dengan selalu menerapkan contoh hidup sehat setiap harinya, mulai dari olahraga rutin, istirahat cukup, mengkonsumsi makanan bergizi, dan hindari kebiasaan yang dapat merusak kesehatan mata. Berbicara perihal makanan bergizi yang baik untuk kesehatan mata, ada banyak makanan yang bisa anda pilih, tentunya makanan yang dapat mendukung kesehatan mata kita. Nah, biar mata kita tetap terjaga kesehatannya, berikut ini beberapa makanan yang baik untuk kesehatan mata: Makanan yang Baik untuk Kesehatan Mata 1. Wortel Sayuran wortel memang sudah tidak

Penyebab Pilek dan Cara Mengobatinya

Penyebab pilek dan cara mengobatinya - Pilek yaitu salah satu jenis abses ringan yang terjadi pada hidung, susukan sinus, tenggorokan, dan susukan episode atas jawaban serangan virus. Biasanya pilek lebih sering dialami oleh bawah umur sampai dewasa, hal itu tergantung contoh hidup yang diterapkan dan kuatnya daya tahan tubuh setiap orang. Berbicara mengenai pilek, ada banyak hal yang menjadi penyebab terjadinya pilek. Seperti yang telah disinggung di atas, yang paling utama yaitu karena contoh hidup yang kurang sehat. Jika daya tahan tubuh kurang dan contoh hidupnya tidak sehat, maka akan semakin besar resiko terserang pilek. Biasanya orang yang terserang pilek akan mengalami beberapa gejala yang dapat dikenali. Antara lain, hidung sering mengeluarkan ingus, sering bersin, sering batuk, pernafasan tidak lancar, dan lain sebagainya. Lantas, bagaimana cara mengobati dan mencegah pilek? Untuk mencegah dan mengobati pilek, yang paling utama yaitu tahu mengenai penyebab dan gejal