Skip to main content

Penyebab Pilek dan Cara Mengobatinya

Penyebab pilek dan cara mengobatinya - Pilek yaitu salah satu jenis abses ringan yang terjadi pada hidung, susukan sinus, tenggorokan, dan susukan episode atas jawaban serangan virus. Biasanya pilek lebih sering dialami oleh bawah umur sampai dewasa, hal itu tergantung contoh hidup yang diterapkan dan kuatnya daya tahan tubuh setiap orang.

Berbicara mengenai pilek, ada banyak hal yang menjadi penyebab terjadinya pilek. Seperti yang telah disinggung di atas, yang paling utama yaitu karena contoh hidup yang kurang sehat. Jika daya tahan tubuh kurang dan contoh hidupnya tidak sehat, maka akan semakin besar resiko terserang pilek. Biasanya orang yang terserang pilek akan mengalami beberapa gejala yang dapat dikenali. Antara lain, hidung sering mengeluarkan ingus, sering bersin, sering batuk, pernafasan tidak lancar, dan lain sebagainya.

Lantas, bagaimana cara mengobati dan mencegah pilek? Untuk mencegah dan mengobati pilek, yang paling utama yaitu tahu mengenai penyebab dan gejalanya. Adapun gejala yang dimaksudkan sudah dijelaskan sedikit di atas. Nah, berikut ini beberapa penyebab terjadinya pilek dan juga cara mengobatinya.

 Pilek yaitu salah satu jenis abses ringan yang terjadi pada hidung Penyebab Pilek dan Cara Mengobatinya
Penyebab Pilek dan Cara Mengobatinya

Penyebab pilek

1. Tubuh kurang cairan

Tubuh yang kurang cairan dapat menjadikan rasa pusing, tubuh tidak enak, dan masih banyak lagi. Gangguan yang juga sering dialami jawaban tubuh kurang cairan yaitu terserang pilek. Minumlha banyak air putih atau air mineral untuk menambah cairan dalam tubuh anda. Jika membiarkan cairan tubuh anda terkuras, maka akan dengan mudah terserang gangguan penyakit.

2. Sedang stres

Seseorang yang sedang mengalami stres, baik itu karena duduk perkara pekerjaan, duduk perkara rumah tangga, duduk perkara relasi dengan orang lain, atau duduk perkara lainnya, mampu dengan mudah terserang gangguan kesehatan menyerupai flu, demam, dan sebagainya. Oleh karena itu, sangat penting untuk memperhatikan seberapa berpengaruh otak kita memikirkan suatu hal atau suatu masalah. Jangan berlebihan dalam memikirkan hal apapun supaya tidak mengalami stres berlebihan.

3. Sering kurang tidur

Kebiasaan begadang atau kurang tidur bahkan tidak tidur di malam hari dapat menyebabkan datangnya aneka macam macam gangguan kesehatan. Apalagi bila kurang tidur tersebut dilakukan secara sering, maka akan lebih tinggi resiko terserang gangguan kesehatan. Adapun gangguannya antara lain menyerupai pilek, flu, tubuh panas, pusing, dan masih banyak lagi.

4. Salah mengobati penyakit

Mungkin mudah saja seseorang keliaru menduga penyakit lain sebagai pilek. Anda menduga sudah mengobati pilek ini selama beberapa minggu. Ternyata anda gres sadar yang menyebabkan anda pilek berlama-lama tersebut yaitu karena anda alergi terhadap suatu hal, entah itu makanan, suasana, atau sebagainya.

Cara mengobati pilek

1. Minum teh hangat

Teh hangat memang selalu membuat tubuh menjadi hangat dan bersemangat. Begitu juga ketika anda sedang demam, pilek, atau sebagainya. Untuk mengobati gangguan pilek, anda mampu minum teh hangat. Dengan demikian akan membantu melawan virus penyebab pilek. Bahkan hal ini telah dibuktikan oleh studi ilmiah di Universitas Harvard.

2. Minum ramuan gingseng

Gingseng juga merupakan salah satu materi alami yang baik untuk melawan virus dalam tubuh, terutama virus penyebab pilek. Jika anda mengalami duduk perkara pilek anda mampu memanfaatkan ramuan yang terbuat dari gingseng. Ramuan gingseng ini akan membantu mengobati pilek yang anda alami secara perlahan.

3. Cobalah makan sup atau kaldu ayam

Sup atau kaldu ayam selain memiliki rasa yang enak juga dapat membantu mengobati pilek. Hal ini karena sup atau kaldu ayam yang dikonsumsi dalam keadaan panas atau hangat dapat meningkatkan kekebalan tubuh. Selain itu juga dapat membantu meningkatkan kerja sel darah putih ketika melawan infeksi. Agar lebih maksimal, campurkan dengan sayuran penuh vitamin menyerupai daun bawang wortel, atau kentang.

4. Mandi air panas

Mandi menggunakan air panas atau air hangat sangat baik bagi anda yang sedang mengalami gangguan kesehatan menyerupai pilek. Mandi dengan air hangat akan membuat tubuh menjadi lebih segar. Selain itu, uap air panas dalam ruangan akan membantu mengeluarkan cairan atau lendir dari hidung. Ketika mandi air hangat dan anda bersin, maka itu membuktikan baik. Tapi ingat, jangan berlebihan.

5. Minum air mineral cukup

Minum air putih atau air mineral secara cukup akan membantu mengobati pilek yang anda alami. Hal ini karena air dapat mencegah dehidrasi dan membantu melawan penyakit serta meningkatkan kekebalan tubuh. Jika anda pilek, minumlah air putih atau air mineral yang cukup, karena juga akan membantu mengeluarkan cairan atau lendir dari tenggorokan dan hidung.

6. Bersihkan hidung dengan air garam

Membersihkan hidung juga sangat penting untuk dilakukan. Hal ini ditujukan untuk menjaga supaya hidung tetap terjaga kesehatannya, serta pernafasan pun tetap lancar. Ketika anda pilek, anda juga perlu memberihkan hidung dengan air. Namun air yang digunakan yaitu air garam. Air garam ini akan membantu mengeluarkan cairan dari hidung. Memang awalnya terasa tidak nyaman, namun itu hanya sementara.

7. Minum susu

Minumlah susu ketika anda mengalami pilek. Susu mengandung vitamin D yang sangat penting dalam melawan infeksi. Namun yang perlu diingan, bayi atau balita yang masih menyusui sebaiknya tetap diberikan ASI. Dengan mengkonsumsi susu secara rutin akan membantu mengobati pilek secara perlahan.

8. Makan telur

Telur memiliki kandungan asam amino dan protein yang sangat penting untuk melawan abses virus atau basil dalam tubuh. Mengkonsumsi telur, baik itu telur rebus, teluar dadar yang digoreng dengan mentega, atau telur lainnya, dapat membantu mengobati pilek yang anda alami. Anda hanya perlu mengkonsumsinya secara teratur.

9. Tidur dengan bantal yang tinggi

Pola tidur pun dapat menghipnotis kesehatan tubuh anda. Perlu anda perhatikan bahwa tidur dengan bantal yang rendah akan membuat tubuh anda terasa tidak nyaman. Gunakan bantal yang tinggi yang sekiranya pas. Hal ini ditujukan untuk menerima tidur yang nyaman dan nyenyak. Selain itu, tidur dengan bantal yang tinggi akan membantu mengobati pilek yang anda alami.

Demikianlah gosip wacana Penyebab Pilek dan Cara Mengobatinya. Semoga gosip diatas bermanfaat. Terimakasih.

Popular posts from this blog

Daftar Pantangan bagi Penderita Asam Urat

Daftar pantangan bagi penderita asam urat - Banyak orang yang bertanya-tanya mengenai makanan atau minuman apa saja sih yang menjadi pantangan bagi mereka penderita penyakit asam urat? Hal ini tidaklah mengherankan, mengingat cukup tingginya penderita penyakit sendi asam urat di Indonesia. Berbicara wacana asam urat, penyakit ini terjadi tanggapan adanya kandungan asam urat dalam darah yang cukup tinggi. Penyakit ini memang tidak menyebabkan kematian, namun penyakit asam urat ini dapat menyebabkan munculnya rasa nyeri bahkan mampu sampai terjadi kecacatan. Oleh alasannya yaitu itu sangat perlu bagi kita untuk melaksanakan penanganan dan penyembuhan, lebih-lebih lagi melaksanakan pencegahan. Penyakit asam urat disebabkan oleh banyak sekali macam faktor, namun yang paling umum biasanya karena faktor genetik atau keturunan. Cegahlah dan atasilah penyakit asam urat dengan menerapkan teladan hidup sehat. Salah satunya yaitu dengan menghindari makanan atau minuman yang menjadi pant

Makanan yang Baik untuk Kesehatan Mata

Makanan yang baik untuk kesehatan mata - Mata merupakan episode badan yang memiliki fungsi penting dalam kehidupan kita. Tanpa mata, kita tidak akan bisa melihat apa yang ada di depan kita. Itu sebabnya kita harus selalu menjaga kesehatan mata kapanpun dan di manapun. Untuk menjaga kesehatan mata, sesungguhnya ada banyak cara yang bisa kita lakukan untuk menjaga dan meningkatkan kesehatan mata kita. Dan yang paling utama ialah dengan selalu menerapkan contoh hidup sehat setiap harinya, mulai dari olahraga rutin, istirahat cukup, mengkonsumsi makanan bergizi, dan hindari kebiasaan yang dapat merusak kesehatan mata. Berbicara perihal makanan bergizi yang baik untuk kesehatan mata, ada banyak makanan yang bisa anda pilih, tentunya makanan yang dapat mendukung kesehatan mata kita. Nah, biar mata kita tetap terjaga kesehatannya, berikut ini beberapa makanan yang baik untuk kesehatan mata: Makanan yang Baik untuk Kesehatan Mata 1. Wortel Sayuran wortel memang sudah tidak