Skip to main content

12 Manfaat Bunga Kenanga untuk Kesehatan

Manfaat bunga kenanga untuk kesehatan - Bunga kenanga yakni salah satu jenis bunga yang dapat dengan mudah tumbuh di hutan maupun pekarangan rumah. Tanaman ini memiliki daun yang panang dengan tekstur yang halus dan berkilau. Sedangkan bunganya berbentuk ibarat bintang laut dan berwarna hijau kekuningan.

Berbicara mengenai bunga kenanga, bahu-membahu bunga ini memiliki manfaat yang baik untuk kesehatan tubuh. Hal ini dikarenakan adanya kandungan zat-zat penting di dalamnya. Adapun kandungannya antara lain ibarat asam bensoat, geraniol, farnesol, geraniol, bensin asetat, eugenol,  kadinen, linalool, sadrol, serta pinen. Selain itu, bunga kenanga ini juga dikenal sebagai penghasil minyak yang cukup tinggi, namun kandungan minyaknya mudah menguap.

Bunga kenanga bahu-membahu bisa dimanfaatkan untuk banyak sekali macam kebutuhan, khususnya dalam dunia kesehatan, yaitu sebagai obat alami untuk banyak sekali macam penyakit atau gangguan kesehatan. Nah, berikut ini beberapa manfaat bunga kenanga untuk kesehatan:
 Bunga kenanga yakni salah satu jenis bunga yang dapat dengan mudah tumbuh di hutan maupu 12 Manfaat Bunga Kenanga untuk Kesehatan
12 Manfaat Bunga Kenanga untuk Kesehatan

1. Sebagai aromaterapi

Kenanga memiliki kandungan minyak atsiri yang dapat dimanfaatkan sebagai materi alternatif pembuatan parfum aromaterapi. Kandungan minyak tersebut telah dipercaya bisa membantu dalam pengaturan kelenjar adrenalin. Sehingga akan meningkatkan perasaan senang dan hening serta menghilangkan perasaan paning, cemas, gelisah, maupun marah.

2. Mencegah amis badan

Memiliki amis tubuh yang tidak sedap tentu sangat mengganggu acara sehari-hari. Apalagi ketika bersama banyak orang disekitar, tentu akan menghilangkan rasa percaya diri. Untuk mencegah datangnya amis tubuh yang tak sedap, anda bisa memanfaatkan bunga kenanga. Konsumsilah ramuan yang terbuat dari kembang kenanga sebanyak 15 gram dan gula watu secukupnya dalam 600 cc air. Lalu rebus hingga tersisa air setengahnya. Setelah disaring lalu minumlah.

3. Mengatasi penyakit kudis

Penyakit kudis bisa menyerang siapa saja. Untuk mengobatinya anda juga bisa memanfaatkan bunga kenanga. Cukup haluskan beberapa kuntum bunga ketanga, lalu oleskan pada episode yang sakit. Dengan pengobatan teratur ini akan membantu mengatasi duduk perkara kudis secara maksimal. Selain kudis juga bisa mengobati panu pada kulit anda.

4. Untuk mengatasi demam ketika nifas

Saat nifas, memang banyak gangguan yang dialami oleh wanita, salah satunya yakni gangguan demam. Untuk mengatasi demam tersebut, anda bisa memanfaatkan bunga kenanga. Anda cukup membuat ramuan dari bunga kenanga. Tumbuklah bunga kenanga bersama dengan materi lainnya ibarat turi merah, jahe, kunyit, kencur, serta asam. Setelah halus tambahkan garam dan air sedikit. Lalu gunakan ramuan tersebut untuk digosokan pada perut atau punggung. Lakukan 2 kali sehari.

5. Untuk mengobati sakit kepala

Jika anda mengalami sakit kepala, anda tidak perlu paning. Manfaatkanlah bunga kenanga sebagai obat alami. Rebuslah kenanga dan jahe yang telah diiris bersama air 400 cc. Setelah mendidih tunggulah hingga hangat. Selagi masih hangat minumlah sebagai obat tradisional sakit kepala.

6. Mengobati sesak nafas

Gangguan sesak nafas ketika asma juga bisa anda atasi dengan rutin mengkonsumsi ramuan herbal dari kembang kenanga sebanyak 15 gram dan rebus dengan 200 cc air. Minumlah ramuan tersebut selagi masih hangat. Lakukan pengobatan sebanyak 2 kali sehari.

7. Mengobati batuk

Batuk memang sangat mengganggu acara sehari-hari. Untuk mengobatinya, cukup dengan mengkonsumsi ramuan rebusan bunga kenanga secara teratur. Rebuslah kembang kenanga bersama umbi dari bunga lilin yang telah kering, serta kulit jeruk mandarin dengan beberapa cc air. Lalu minumlah selagi masih hangat.

8. Mengatasi gangguan keputihan

Jika wanita mengalami keputihan, bisa diatasi dengan memanfaatkan bunga kenanga. Cukup merebus bunga kenanga bersama dengan buah delima serta beberapa cc air. Setelah mendidih, tunggu hingga hangat. Lalu minumlah sebanyak 2-3 kali dalam sehari, semoga mendapat hasil maksimal.

9. Mengobati rematik secara alami

Rematik atau sakit encok juga bisa anda atasi dengan ramuan bunga kenanga. Cukup sediakan 15 gr kuncup bunga kenanga, 20 gr daun ketapang, 30 gr daun sirkaya, 10 butir merica, dan 20 gr jahe. Tumbuklah semua materi tersebut hingga halus. Lalu tambahkan kapur sirih dan air secukupnya. Kemudian aduk hingga rata lalu balurkan ke area yang terasa nyeri. Lakukan 2 kali sehari.

10. Sebagai obat penyakit malaria

Penyakit malaria disebabkan oleh nyamuk. Biasanya dikarenakan contoh hidup yang tidak bersih. Jangan anggap sepele, segeralah atasi dengan konsultasi dokter. Anda juga bisa memanfaatkan bunga kenanga. Anda cukup menyeduh 3 kuntum bunga kenanga dan minumlah secara rutin.

11. Obat bronkhitis

Penyakit bronkhitis ini menyerang episode bronkus manusia. Bisa diatasi dengan memanfaatkan bunga kenanga. Seduhlah beberapa kuntum bunga kenanga bersama dengan segelas air. Biarkan hingga setengah gelas dan minumlah secara teratur di pagi dan sore hari semoga kesudahannya maksimal.

12. Membantu mengatasi kulit kering

Kulit yang kering memang bisa membuat kita merasa tidak percaya diri ketika berada di luar ruangan, apalagi ketika banyak orang. Untuk mengatasinya, cukup memanfaatkan bunga kenanga. Ekstrak kembang kenanga warna hijau kekuningan ini biasnaya digunakan sebagai materi pembuatan sabun. Fungsinya untuk menyeimbangkan kadar minyak pada kulit. Sangat cocok bagi orang yang memiliki kulit kering.


Demikianlah isu perihal 12 Manfaat Bunga Kenanga untuk Kesehatan. Semoga isu diatas bermanfaat. Terimakasih.

Popular posts from this blog

Daftar Pantangan bagi Penderita Asam Urat

Daftar pantangan bagi penderita asam urat - Banyak orang yang bertanya-tanya mengenai makanan atau minuman apa saja sih yang menjadi pantangan bagi mereka penderita penyakit asam urat? Hal ini tidaklah mengherankan, mengingat cukup tingginya penderita penyakit sendi asam urat di Indonesia. Berbicara wacana asam urat, penyakit ini terjadi tanggapan adanya kandungan asam urat dalam darah yang cukup tinggi. Penyakit ini memang tidak menyebabkan kematian, namun penyakit asam urat ini dapat menyebabkan munculnya rasa nyeri bahkan mampu sampai terjadi kecacatan. Oleh alasannya yaitu itu sangat perlu bagi kita untuk melaksanakan penanganan dan penyembuhan, lebih-lebih lagi melaksanakan pencegahan. Penyakit asam urat disebabkan oleh banyak sekali macam faktor, namun yang paling umum biasanya karena faktor genetik atau keturunan. Cegahlah dan atasilah penyakit asam urat dengan menerapkan teladan hidup sehat. Salah satunya yaitu dengan menghindari makanan atau minuman yang menjadi pant

Makanan yang Baik untuk Kesehatan Mata

Makanan yang baik untuk kesehatan mata - Mata merupakan episode badan yang memiliki fungsi penting dalam kehidupan kita. Tanpa mata, kita tidak akan bisa melihat apa yang ada di depan kita. Itu sebabnya kita harus selalu menjaga kesehatan mata kapanpun dan di manapun. Untuk menjaga kesehatan mata, sesungguhnya ada banyak cara yang bisa kita lakukan untuk menjaga dan meningkatkan kesehatan mata kita. Dan yang paling utama ialah dengan selalu menerapkan contoh hidup sehat setiap harinya, mulai dari olahraga rutin, istirahat cukup, mengkonsumsi makanan bergizi, dan hindari kebiasaan yang dapat merusak kesehatan mata. Berbicara perihal makanan bergizi yang baik untuk kesehatan mata, ada banyak makanan yang bisa anda pilih, tentunya makanan yang dapat mendukung kesehatan mata kita. Nah, biar mata kita tetap terjaga kesehatannya, berikut ini beberapa makanan yang baik untuk kesehatan mata: Makanan yang Baik untuk Kesehatan Mata 1. Wortel Sayuran wortel memang sudah tidak

Penyebab Pilek dan Cara Mengobatinya

Penyebab pilek dan cara mengobatinya - Pilek yaitu salah satu jenis abses ringan yang terjadi pada hidung, susukan sinus, tenggorokan, dan susukan episode atas jawaban serangan virus. Biasanya pilek lebih sering dialami oleh bawah umur sampai dewasa, hal itu tergantung contoh hidup yang diterapkan dan kuatnya daya tahan tubuh setiap orang. Berbicara mengenai pilek, ada banyak hal yang menjadi penyebab terjadinya pilek. Seperti yang telah disinggung di atas, yang paling utama yaitu karena contoh hidup yang kurang sehat. Jika daya tahan tubuh kurang dan contoh hidupnya tidak sehat, maka akan semakin besar resiko terserang pilek. Biasanya orang yang terserang pilek akan mengalami beberapa gejala yang dapat dikenali. Antara lain, hidung sering mengeluarkan ingus, sering bersin, sering batuk, pernafasan tidak lancar, dan lain sebagainya. Lantas, bagaimana cara mengobati dan mencegah pilek? Untuk mencegah dan mengobati pilek, yang paling utama yaitu tahu mengenai penyebab dan gejal