Skip to main content

12 Manfaat Kapur Sirih untuk Kesehatan dan Kecantikan

Manfaat kapur sirih untuk kesehatan dan kecantikan - Kapur sirih ialah salah satu kapur yang berasal dari endapan bekas kerikil kapur atau gamping. Hanya dengan merendam gamping ke dalam air dan di diamkan semalaman maka akan menjadi lumpur kapur yang lembut yang dikenal dengan nama kapur sirih.

Berbicara mengenai kapur sirih. Kapur ini bekerjsama memiliki banyak manfaat yang baik untuk kesehatan maupun kecantikan. Kapur sirih memiliki banyak sekali macam kandungan zat, menyerupai kadinel, sineol, karvakol, kavinol, dan zat samak. Semua kandungan zat tersebut bermanfaat untuk kesehatan dan kecantikan. Maka tak ada salahnya memanfaatkan kapur sirih sebagai obat alami dan materi perawatan kecantikan alami.

Meskipun baik untuk perawatan kecantikan, akan tetapi ada yang perlu anda ketahui, kapur sirih memiliki efek panas saat diaplikasikan pada kulit wajah. Apabila anda memiliki wajah sensitif sebaiknya tidak menggunakan kapur sirih. Dan untuk kulit normal tidak disarankan pemakaian setiap hari. Lantas, apa saja manfaat dari kapur sirih? Berikut ini beberapa manfaat kapur sirih untuk kesehatan dan kecantikan:
Manfaat kapur sirih untuk kesehatan dan kecantikan  12 Manfaat Kapur Sirih untuk Kesehatan dan Kecantikan
12 Manfaat Kapur Sirih untuk Kesehatan dan Kecantikan

1. Mengecilkan kutil dan tahi lalat

Kutil dan tahi lalat yang menempel pada tubuh memang sangat mengganggu, terutama mengganggu penampilan yang membuat kita menjadi kurang percaya diri. Apalagi kutil atau tahi lalat tersebut muncul pada episode yang sering atau mudah dilihat orang, pasti akan lebih mengganggu. Atasilah duduk perkara kutil dna tahi lalat menggunakan kapur sirih. Kapur sirih efektif dalam mengecilkan kutil.

2. Mengobati luka bakar

Bagi anda yang memiliki luka bakar, anda bisa mengobatinya dengan memanfaatkan kapur sirih. Dengan menggunakan kapur sirih, anda bisa mengobai luka bakar lebih cepat. Cukup tuangkan kapur sirih satu sendok, tambahkan dengan debu kunyit, campur sedikit air hangat, dan buatlah adonan yang modelnya menyerupai pasta. Lalu oleskan pada episode yang terluka.

3. Menyembuhkan tenggorokan

Apabila anda mencicipi batuk serta gatal-gatal pada tenggorokan, itu tanda bahwa anda sedang sakit tenggorokan. Meskipun bukan tergolong penyakit parah, akan tetapi juga perlu disembuhkan. Manfaatkan kapur sirih sebagai obat alami penyakit tenggorokan. Peraslah air jeruk nipis dalam sendok. Campurkan dengan sedikit kapur sirih. Lalu minumlah.

4. Sebagai obat sakit perut anak-anak

Ketika belum dewasa anda sakit perut, anda tidak perlu panik dan khawatir, dengan memanfaatkan kapur sirih anda bisa menyembuhkan sakit perut pada anak. Gunakanlah daun sirsak yang telah dicampur dengan kapur sirih, lalu oleskan pada episode perut anak yang sakit.

5. Mengobati encok

Penyakit encok memang merepotkan. Biasnya encok menyerang seseorang yang sudah masuk usia tua. Agar tidak terserang encok, cegahlah dengan kapur sirih. Untuk menyembuhkannya, anda juga bisa memanfaatkan kapur sirih. Tuangkan 2 sendok kapur sirih, campurkan dengan daun singkong dengan cara meremas-remasnya. Lalu oleskan pada episode yang encok. Gunakanlah sebanyak 3 kali dalam sehari.

6. Mengurangi resiko kanker

Kanker ialah salah satu penyakit yang mematikan. Untuk mencegah penyakit ini, terutama kanker kulit, anda bisa memanfaatkan kapur sirih. Kandungan zat di dalamnya bisa membantu melawan sel kanker yang berkembang. Cukup tuangkan sesendok kapur sirih dalam wadah, campurkan deterjen, lalu oleskan pada kulit yang terdapat kanker.

7. Mengurangi bulu ketiak

Bulu ketiak yang teralalu tebal dan panjang memang sangat mengganggu penampilan. Bahkan biasanya kalau bulu ketiak panjang akan menjadikan amis tidak sedap. Untuk menguranginya, anda bisa memanfaatkan kapur sirih. Anda bisa membuat ramuan dari kapur sirih dan oleskan pada ketiak secara merata.

8. Mencerahkan ketiak

Selain mengurangi bulu ketiak juga dapa membantu mencerahkan ketiak. Jadi, apabila anda memiliki kulit ketiak yang hitam dan susah mencerahkannya, anda bisa memanfaatkan kapur sirih untuk mencerahkannya. Sama halnya dengan mengurangi bulu ketiak, untuk mencerahkannya anda juga perlu membuat ramuan kapur sirih dan mengoleskannya pada ketiak.

9. Mengurangi bau

Bau tubuh yang tidak sedap memang sangat mengganggu acara dan penampilan, apalagi saat berada di bersahabat banyak orang, tentu akan merasa sangat malu. Untuk mengurangi amis tubuh yang tak sedap, gunakan kapur sirih. Cukup memanfaatkan kapur sirih akan membantu mengurangi amis tubuh tak sedap secara perlahan.

10. Mengurangi resiko kerutan setelah melahirkan

Kerutan setelah melahirkan memang sudah biasa terjadi. Untuk mengurangi resiko kerutan pada ibu setelah melahirkan, cukup memanfaatkan kapur sirih dengan cara mengoleskan ramuan yang telah anda buat dari kapur sirih.

11. Menghaluskan kulit dan flek hitam

Flek hitam yang terdapat pada kulit anda bekerjsama bisa diatasi dan dihilangkan dengan menggunakan kapur sirih. Selain lebih murah juga lebih mudah. Campurkan air kapur sirih dengan perasan jeruk nipis. Oleskan pada episode yang anda inginkan. Tunggu selama 10 menit dan bilaslah dengan air bersih.

12. Memutihkan paha

Untuk memutihkan paha, anda juga bisa memanfaatkan kapur sirih, yaitu dengan cara menyerupai halnya mengurangi flek hitam. Cukup membuat ramuan dari kapur sirih dan oleskan pada episode paha anda. Lakukan secara teratur sampai paha anda berangsur memutih. Dengan begitu anda dapat memiliki paha yang putih, bersih dan halus.

Demikianlah isu ihwal 12 Manfaat Kapur Sirih untuk Kesehatan dan Kecantikan. Semoga isu diatas bermanfaat. Terimakasih.

Popular posts from this blog

Daftar Pantangan bagi Penderita Asam Urat

Daftar pantangan bagi penderita asam urat - Banyak orang yang bertanya-tanya mengenai makanan atau minuman apa saja sih yang menjadi pantangan bagi mereka penderita penyakit asam urat? Hal ini tidaklah mengherankan, mengingat cukup tingginya penderita penyakit sendi asam urat di Indonesia. Berbicara wacana asam urat, penyakit ini terjadi tanggapan adanya kandungan asam urat dalam darah yang cukup tinggi. Penyakit ini memang tidak menyebabkan kematian, namun penyakit asam urat ini dapat menyebabkan munculnya rasa nyeri bahkan mampu sampai terjadi kecacatan. Oleh alasannya yaitu itu sangat perlu bagi kita untuk melaksanakan penanganan dan penyembuhan, lebih-lebih lagi melaksanakan pencegahan. Penyakit asam urat disebabkan oleh banyak sekali macam faktor, namun yang paling umum biasanya karena faktor genetik atau keturunan. Cegahlah dan atasilah penyakit asam urat dengan menerapkan teladan hidup sehat. Salah satunya yaitu dengan menghindari makanan atau minuman yang menjadi pant

Makanan yang Baik untuk Kesehatan Mata

Makanan yang baik untuk kesehatan mata - Mata merupakan episode badan yang memiliki fungsi penting dalam kehidupan kita. Tanpa mata, kita tidak akan bisa melihat apa yang ada di depan kita. Itu sebabnya kita harus selalu menjaga kesehatan mata kapanpun dan di manapun. Untuk menjaga kesehatan mata, sesungguhnya ada banyak cara yang bisa kita lakukan untuk menjaga dan meningkatkan kesehatan mata kita. Dan yang paling utama ialah dengan selalu menerapkan contoh hidup sehat setiap harinya, mulai dari olahraga rutin, istirahat cukup, mengkonsumsi makanan bergizi, dan hindari kebiasaan yang dapat merusak kesehatan mata. Berbicara perihal makanan bergizi yang baik untuk kesehatan mata, ada banyak makanan yang bisa anda pilih, tentunya makanan yang dapat mendukung kesehatan mata kita. Nah, biar mata kita tetap terjaga kesehatannya, berikut ini beberapa makanan yang baik untuk kesehatan mata: Makanan yang Baik untuk Kesehatan Mata 1. Wortel Sayuran wortel memang sudah tidak

Penyebab Pilek dan Cara Mengobatinya

Penyebab pilek dan cara mengobatinya - Pilek yaitu salah satu jenis abses ringan yang terjadi pada hidung, susukan sinus, tenggorokan, dan susukan episode atas jawaban serangan virus. Biasanya pilek lebih sering dialami oleh bawah umur sampai dewasa, hal itu tergantung contoh hidup yang diterapkan dan kuatnya daya tahan tubuh setiap orang. Berbicara mengenai pilek, ada banyak hal yang menjadi penyebab terjadinya pilek. Seperti yang telah disinggung di atas, yang paling utama yaitu karena contoh hidup yang kurang sehat. Jika daya tahan tubuh kurang dan contoh hidupnya tidak sehat, maka akan semakin besar resiko terserang pilek. Biasanya orang yang terserang pilek akan mengalami beberapa gejala yang dapat dikenali. Antara lain, hidung sering mengeluarkan ingus, sering bersin, sering batuk, pernafasan tidak lancar, dan lain sebagainya. Lantas, bagaimana cara mengobati dan mencegah pilek? Untuk mencegah dan mengobati pilek, yang paling utama yaitu tahu mengenai penyebab dan gejal