Skip to main content

9 Manfaat Ikan Patin untuk Kesehatan

Manfaat ikan patin untuk kesehatan - Ikan patin merupakan salah satu jenis ikan yang masih keluarga dengan ikan lele, dan ikan ini juga sangat menyerupai dengan ikan lele. Ikan patin memiliki kumis yang berkhasiat sebagai patilnya, sama halnya dengan ikan lele. Ikan patin ini bisa diolah dengan aneka macam cara, mulai dari sayur sup ikan patin, gulai ikan patin, sampai abon ikan patin.

Berbicara mengenai ikan patin, ikan ini sangat disukai oleh banyak orang. Selain rasanya yang gurih dan nikmat, ikan patin ini memiliki banyak manfaat yang baik untuk kesehtan. Kandungan zat gizi dan nutrisi di dalamnya sangat penting dalam membantu menjaga serta meningkatkan kesehatan tubuh. Oleh alasannya itu banyak orang yang memilih ikan patin untuk dikonsumsi.

Biasanya olahan dari ikan patin ini mengandung bumbu yang kompleks, sehingga menghadirkan cita rasa yang sangat menggugah selera. Sangat cocok untuk dijadikan menu makanan harian. Lalu, apa saja manfaatnya bagi kesehatan? Berikut ini beberapa manfaat ikan patin untuk kesehatan:
 Ikan patin merupakan salah satu jenis ikan yang masih keluarga dengan ikan lele 9 Manfaat Ikan Patin untuk Kesehatan
9 Manfaat Ikan Patin untuk Kesehatan

1. Mengoptimalkan pertumbuhan bayi

Bagi para ibu yang sedang hamil, ikan patin sangat cocok untuk dikonsumsi. Kandungan di dalamnya baik untuk kesehatan dan pertumbuhan janin selama dalam kandungan. Hal ini karena kandungan DHA dan omega 3 di dalamnya yang sangat baik dalam menjaga kesehatan janin tetap sehat dalam kandungan sampai lahir dengan selamat dan normal.

2. Mengatasi stres

Bagi anda yang sering mengalami stres tanggapan banyak problem atau yang lainnya. Konsumsi ikan patin dapat membantu meredakan stres yang anda rasakan. Ikan ini memiliki kandungan yang dapat merangsang sistem syaraf sentra semoga bisa hening dan kalem dalam menjalani hidup.

3. Menjaga kesehatan tulang

Kesehatan tulang yang selalu terjaga akan membantu mencegahnya dari aneka macam macam penyakit menyerupai osteoporosis atau sebagainya. Ikan patin memiliki kandungn fosfor dan kalsium yang tinggi. Kandungan tersebut sangat berkhasiat dalam membantu memperkuat tulang dan gigi, serta menjaga kesehatannya. Selain itu juga dapat menjauhkan dari osteoporosis.

4. Membantu pembentukan otot

Untuk membentuk otot tubuh, tentu perlu melaksanakan olahraga rutin dan contoh hidup yang sehat, selain itu juga perlu mengkonsumsi makanan pendukung. Salah satu makanan yang bisa membantu pembentukan otot yaitu ikan patin. Kandungan protein di dalamnya dapat membantu menambah massa otot, memperkuat otot, mengencangkan otot, menjaga daya tahan, serta memperkuat otot.

5. Mencegah penyakit arthtritis

Arthtritis yaitu penyakit peradangan pada persendian. Hal ini disebabkan karena seseorang terlalu banyak mengkonsumsi makanan buruk yang membuat sendi-sendinya mengalami pengapuran dan akumulasi asam lemak LDL. Penyakit ini dikenal penyakit asam urat yang biasa menyerang orang tua. Konsumsilah ikan patin secara rutin sebagai pemasok kalsium alami.

6. Melancarkan peredaran darah

Peredaran darah yang terganggu bisa menimbulkan aneka macam problem kesehatan. Saluran darah atau yang dikenal dengan pembuluh darah pada dasarnya berbentuk terowongan yang rentan mengalami pembagian terstruktur mengenai atau pengapuran dinding. Hal ini disebabkan oleh banyak lemak dan zat ancaman lainnya. Mengkonsumsi ikan patin secara rutin bisa melancarkan peredaran darah dengan baik.

7. Mengurangi kadar kolesterol tubuh

Kadar kolesterol tinggi dapat menjadi pemicu datangnya aneka macam macam penyakit. Untuk menurunkan kadar kolesterol dalam tubuh, anda perlu mengkonsumsi makanan pendukung, salah satunya yaitu ikan patin. Ikan patin mengandung lemak tak jenuh yang dapat membantu menurunkan kadar kolesterol jahat dalam tubuh.

8. Mencegah penyakit kardiovaskular

Ikan patin memiliki kandungan gizi yang juga dapat membantu mencegah terjadinya penyakit yang berafiliasi dengan sistem kardiovaskular. Hal ini karena lemak tak jenuh yang ada di dalam daging ikan patin. Ikan patin mengandung lemak tak jenuh mencapai 50% dari total keseluruhan gizi yang terkandung di dalamnya. Sehingga cocok untuk dikonsumsi semoga terhindar dari kardiovaskular.

9. Mencegah jantung koroner

Penyakit jantung koroner ialah salah satu jenis penyakit kronis yang akan membahayakan badan kalau dibiarkan begitu saja. Mengkonsumsi ikan patin secara rutin dapat membantu mencegah penyakit jantung koroner. Hal ini karena adanya kandungan lemak tak jenuh di dalamnya. Lemak tersebut tidak akan mengendap dan tidak menghambat pedoman darah dalam pembuluh darah. Sehingga baik untuk mencegah penyakit jantung koroner.

Popular posts from this blog

Daftar Pantangan bagi Penderita Asam Urat

Daftar pantangan bagi penderita asam urat - Banyak orang yang bertanya-tanya mengenai makanan atau minuman apa saja sih yang menjadi pantangan bagi mereka penderita penyakit asam urat? Hal ini tidaklah mengherankan, mengingat cukup tingginya penderita penyakit sendi asam urat di Indonesia. Berbicara wacana asam urat, penyakit ini terjadi tanggapan adanya kandungan asam urat dalam darah yang cukup tinggi. Penyakit ini memang tidak menyebabkan kematian, namun penyakit asam urat ini dapat menyebabkan munculnya rasa nyeri bahkan mampu sampai terjadi kecacatan. Oleh alasannya yaitu itu sangat perlu bagi kita untuk melaksanakan penanganan dan penyembuhan, lebih-lebih lagi melaksanakan pencegahan. Penyakit asam urat disebabkan oleh banyak sekali macam faktor, namun yang paling umum biasanya karena faktor genetik atau keturunan. Cegahlah dan atasilah penyakit asam urat dengan menerapkan teladan hidup sehat. Salah satunya yaitu dengan menghindari makanan atau minuman yang menjadi pant

Makanan yang Baik untuk Kesehatan Mata

Makanan yang baik untuk kesehatan mata - Mata merupakan episode badan yang memiliki fungsi penting dalam kehidupan kita. Tanpa mata, kita tidak akan bisa melihat apa yang ada di depan kita. Itu sebabnya kita harus selalu menjaga kesehatan mata kapanpun dan di manapun. Untuk menjaga kesehatan mata, sesungguhnya ada banyak cara yang bisa kita lakukan untuk menjaga dan meningkatkan kesehatan mata kita. Dan yang paling utama ialah dengan selalu menerapkan contoh hidup sehat setiap harinya, mulai dari olahraga rutin, istirahat cukup, mengkonsumsi makanan bergizi, dan hindari kebiasaan yang dapat merusak kesehatan mata. Berbicara perihal makanan bergizi yang baik untuk kesehatan mata, ada banyak makanan yang bisa anda pilih, tentunya makanan yang dapat mendukung kesehatan mata kita. Nah, biar mata kita tetap terjaga kesehatannya, berikut ini beberapa makanan yang baik untuk kesehatan mata: Makanan yang Baik untuk Kesehatan Mata 1. Wortel Sayuran wortel memang sudah tidak

Penyebab Pilek dan Cara Mengobatinya

Penyebab pilek dan cara mengobatinya - Pilek yaitu salah satu jenis abses ringan yang terjadi pada hidung, susukan sinus, tenggorokan, dan susukan episode atas jawaban serangan virus. Biasanya pilek lebih sering dialami oleh bawah umur sampai dewasa, hal itu tergantung contoh hidup yang diterapkan dan kuatnya daya tahan tubuh setiap orang. Berbicara mengenai pilek, ada banyak hal yang menjadi penyebab terjadinya pilek. Seperti yang telah disinggung di atas, yang paling utama yaitu karena contoh hidup yang kurang sehat. Jika daya tahan tubuh kurang dan contoh hidupnya tidak sehat, maka akan semakin besar resiko terserang pilek. Biasanya orang yang terserang pilek akan mengalami beberapa gejala yang dapat dikenali. Antara lain, hidung sering mengeluarkan ingus, sering bersin, sering batuk, pernafasan tidak lancar, dan lain sebagainya. Lantas, bagaimana cara mengobati dan mencegah pilek? Untuk mencegah dan mengobati pilek, yang paling utama yaitu tahu mengenai penyebab dan gejal