Skip to main content

Sejuta Manfaat Buah Kedondong untuk Kesehatan

Manfaat buah kedondong untuk kesehatan - Buah kedondong merupakan salah satu buah yang kaya akan kandungan seratnya. Buah ini memiliki rasa yang khas yaitu asam-asam manis dan juga segar. Memang terkadang rasanya sangat asam, sehingga banyak orang yang tidak mengkonsumsinya secara langsung. Akan tetapi biasanya dikonsumsi dengan cara diolah menjadi campuran rujak atau lotek.

Berbicara mengenai buah kedondong, tahukah anda kalau ternyata buah ini memiliki manfaat yang sangat baik untuk kesehatan? Meskipun rasanya sangat asam, bergotong-royong buah ini sangat baik untuk kesehatan tubuh. Kandungan zat-zat penting yaitu zat gizi dan nutrisi di dalamnya bisa menjaga dan meningkatakan kesehatan tubuh seseorang.

Mungkin banyak yang merasa sukar untuk mengkonsumsinya secara langsung, bergotong-royong bisa diolah dengan banyak sekali macam olahan, menyerupai rujak, manisan kedondong, kripik kedondong, asinan, jus kedondong, dan lain sebagainya. Lalu, apa saja manfaat dari buah yang satu ini? Nah, berikut ini sejuta manfaat dari buah kedondong untuk kesehatan:
 Buah kedondong merupakan salah satu buah yang kaya akan kandungan seratnya Sejuta Manfaat Buah Kedondong untuk Kesehatan
Sejuta Manfaat Buah Kedondong untuk Kesehatan

1. Sebagai antioksidan

Buah kedondong sangat kaya akan kandungan vitamin A dan C yang akan berperan sebagai antioksidan yang dapat membantu menjaga kesehatan tubuh dari serangan radikal bebas, baik dari dalam maupun luar. Dengan mengkonsumsi kedondong secara rutin, maka akan dapat menjaga kesehatan tubuh anda dengan baik.

2. Menambah daya tahan tubuh

Kandungan zat gizi yang terdapat dalam buah kedondong sangat baik untuk meningkatkan sistam daya tahan tubuh. Kandungan zat tersebut berupa unsur gula dalam bentuk sukrosa yang tentunya sangat penting sebagai vitalitas dan daya tahan tubuh. Maka, konsumsilah buah kedondong secara rutin semoga daya tahan tubuh anda menjadi lebih kuat.

3. Penyembuhan luka

Seperti yang telah dijelaskan di atas, bahwa buah kedondong mengandung vitamin A. Kandungan vitamin tersebut juga dapat membantu dalam menjaga kesehatan jaringan tubuh kita. Oleh alasannya yakni itu buah kedondong dapat membantu mempercepat proses penyembuhan luka yang dialami oleh seseorang.

4. Menyegarkan tubuh dan menghilangkan kantuk

Rasa kantuk yang tidak tertahankan memang akan sangat mengganggu kalau terjadi pada ketika momen penting. Nah, untuk mengatasinya dan menyegarkan kembali, anda bisa mengkonsumsi buah kedondong. Rasa asamnya yang luar biasa dapat membantu menghilangkan rasa kantuk. Sehingga tubuh anda menjadi lebih segar kembali.

5. Untuk mengobati sariawan

Jika anda mengalamai problem sariawan, anda tidak perlu panik. Manfaatkanlah buah kedondong untuk mengobatinya. Buah kedondong kaya akan kandungan vitamin C yang sangat baik untuk mencegah dan mengobati sariawan. Jika mengkonsumsi kedondong secara rutin akan membantu menghindarkan bibir dari luka sariawan.

6. Menjaga dan membuat tubuh terasa segar

Tubuh yang abadi segar memang sangat diperlukan, semoga selalu semangat menjalani kegiatan setiap hari. Dengan mengkonsumsi buah kedondong secara rutin akan membantu menyegarkan badan. Hal ini karena kandungan serat dan vitamin C di dalamnya.

7. Baik untuk akses pencernaan

Mengkonsumsi buah kedondong secara rutin akan membantu menyehatkan sistem pencernaan anda. Hal ini karena adanya kandungan serat yang terdapat di dalamnya sangat membantu melancarkan pencernaan. Jika anda mengalami problem pencernaan menyerupai sembelit, susah BAB, atau sebagainya, maka konsumsilah buah kedondong secara rutin.

8. Mengobati diare

Untuk mengobati penyakit diare, anda cukup memanfaatkan buah kedondong. Cara memanfaatkannya, yaitu dengan mencuci buah kedondong sampai bersih, lalu iris kecil-kecil dan rebuslah dengan air sebanyak 2 gelas. Kemudian tunggu sampai 15 menit. Setelah 15 menit, tunggulah sampai cuek dan saringlah. Minum ramuan tersebut 2 kali dalam sehari.

9. Mengobati batuk

Untuk mengobati batuk dengan buah kedondong, caranya cukup 3 buah kedondong yang telah dicuci bersih lalu diparut. Lalu parutan buah kedondong tersebut diberi air dan peras airnya. Setelah itu tambahkan sedikit garam dan minumlah ramuannya sebanyak 2 kali dalam sehari. Minumlah secara rutin semoga batuk bisa cepat mereda.

10. Menyehatkan mata

Kandungan vitamin A yang terdapat dalam buah kedondong bisa membantu menyehatkan mata anda. Makara bukan hanya sayuran wortel saja yang baik untuk kesehatan mata, kedondong pun juga baik untuk kesehatan mata. Mengkonsumsi buah kedondong secara rutin akan membantu menyalurkan objek yang diterima oleh retina mata ke otak sebagai sebuah gambar. Senyawa ini disebut retinol.

11. Mengatasi anemia

Penyakit anemia atau tekanan darah rendah memang dapat menjadi pemicu datangnya banyak sekali macam penyakit lainnya. Untuk mengatasinya, anda bisa memanfaatkan buah kedondong. Buah kedondong kaya akan kandungan zat besi yang membantu proses pembentukan sel darah merah. Sehingga dapat menstabilkan tekanan darah dalam tubuh anda.

12. Mengendalikan kadar kolesterol

Kandungan vitamin C yang terdapat dalam buah kedondong juga bisa membantu metabolisme kolesterol menjadi asam empedu, yang mungkin juga memiliki implikasi untuk tingkat kolesterol darah dan timbulnya kerikil empedu. Oleh alasannya yakni itu, sangat cocok mengkonsumsi buah kedondong secara rutin untuk mengendalikan kadar kolesterol anda.

13. Mencegah penyakit jantung

Kesehatan jantung sangatlah penting untuk dijaga. Agar jantung tetap sehat kapanpun, contoh hidup sehat harus terus diterapkan. Untuk membantu menyehatkan jantung, konsumsilah buah kedondong secara rutin. Kedondong memiliki kandungan kalsium yang sangat baik dalam melaksanakan pencegahan penyakit jantung.

14. Menjaga kesehatan tulang dan gigi

Kandungan fosfor dalam buah kedondong sangat baik untuk kesehatan tulang dan gigi. Mengkonsumsi buah kedondong secara rutin akan membantu menyehatkan dan memperkuat tulang serta gigi anda. Sehingga akan terhindar dari penyakit osteoporosis dan penyakit gigi.

15. Mencegah penuaan dini

Penuaan dini memang sangat mengganggu penampilan. Ya, karena penampilan atau bentuk wajah tidak sesuai dengan usianya, atau bisa dibilang wajahnya lebih renta dari usia aslinya. Untuk mencegah hal itu, anda bisa memanfaatkan buah kedondong. Kandungan vitamin C di dalamnya akan melindungi molekul penting menyerupai protein, lipid, karbohidrat, dan asam nukleat dari kerusakan akhir radikal bebas, racun, polusi, atau lainnya.


Demikianlah berita ihwal Sejuta Manfaat Buah Kedondong untuk Kesehatan. Semoga berita diatas bermanfaat. Terimakasih.

Popular posts from this blog

Daftar Pantangan bagi Penderita Asam Urat

Daftar pantangan bagi penderita asam urat - Banyak orang yang bertanya-tanya mengenai makanan atau minuman apa saja sih yang menjadi pantangan bagi mereka penderita penyakit asam urat? Hal ini tidaklah mengherankan, mengingat cukup tingginya penderita penyakit sendi asam urat di Indonesia. Berbicara wacana asam urat, penyakit ini terjadi tanggapan adanya kandungan asam urat dalam darah yang cukup tinggi. Penyakit ini memang tidak menyebabkan kematian, namun penyakit asam urat ini dapat menyebabkan munculnya rasa nyeri bahkan mampu sampai terjadi kecacatan. Oleh alasannya yaitu itu sangat perlu bagi kita untuk melaksanakan penanganan dan penyembuhan, lebih-lebih lagi melaksanakan pencegahan. Penyakit asam urat disebabkan oleh banyak sekali macam faktor, namun yang paling umum biasanya karena faktor genetik atau keturunan. Cegahlah dan atasilah penyakit asam urat dengan menerapkan teladan hidup sehat. Salah satunya yaitu dengan menghindari makanan atau minuman yang menjadi pant

Makanan yang Baik untuk Kesehatan Mata

Makanan yang baik untuk kesehatan mata - Mata merupakan episode badan yang memiliki fungsi penting dalam kehidupan kita. Tanpa mata, kita tidak akan bisa melihat apa yang ada di depan kita. Itu sebabnya kita harus selalu menjaga kesehatan mata kapanpun dan di manapun. Untuk menjaga kesehatan mata, sesungguhnya ada banyak cara yang bisa kita lakukan untuk menjaga dan meningkatkan kesehatan mata kita. Dan yang paling utama ialah dengan selalu menerapkan contoh hidup sehat setiap harinya, mulai dari olahraga rutin, istirahat cukup, mengkonsumsi makanan bergizi, dan hindari kebiasaan yang dapat merusak kesehatan mata. Berbicara perihal makanan bergizi yang baik untuk kesehatan mata, ada banyak makanan yang bisa anda pilih, tentunya makanan yang dapat mendukung kesehatan mata kita. Nah, biar mata kita tetap terjaga kesehatannya, berikut ini beberapa makanan yang baik untuk kesehatan mata: Makanan yang Baik untuk Kesehatan Mata 1. Wortel Sayuran wortel memang sudah tidak

Penyebab Pilek dan Cara Mengobatinya

Penyebab pilek dan cara mengobatinya - Pilek yaitu salah satu jenis abses ringan yang terjadi pada hidung, susukan sinus, tenggorokan, dan susukan episode atas jawaban serangan virus. Biasanya pilek lebih sering dialami oleh bawah umur sampai dewasa, hal itu tergantung contoh hidup yang diterapkan dan kuatnya daya tahan tubuh setiap orang. Berbicara mengenai pilek, ada banyak hal yang menjadi penyebab terjadinya pilek. Seperti yang telah disinggung di atas, yang paling utama yaitu karena contoh hidup yang kurang sehat. Jika daya tahan tubuh kurang dan contoh hidupnya tidak sehat, maka akan semakin besar resiko terserang pilek. Biasanya orang yang terserang pilek akan mengalami beberapa gejala yang dapat dikenali. Antara lain, hidung sering mengeluarkan ingus, sering bersin, sering batuk, pernafasan tidak lancar, dan lain sebagainya. Lantas, bagaimana cara mengobati dan mencegah pilek? Untuk mencegah dan mengobati pilek, yang paling utama yaitu tahu mengenai penyebab dan gejal