Skip to main content

15 Bahaya Mie Instan bagi Kesehatan

Bahaya mie instan bagi kesehatan - Siapa sih yang tidak kenal dengan mie instan? Hampir semua orang di seluruh dunia mengenal mie intan, khususnya di wilayah Asia. Hampir setiap orang pernah mengkonsumsi mie instan, khususnya bagi orang yang tinggal di kos-kosan, dan lebih khususnya lagi bagi cukup umur yang masih kuliah dan tinggal di kos-kosan, pasti akan lebih sering makan mie instan. Karena lebih mudah dimasak dan tidak perlu repot-repot masak makanan yang terlihat ribet.

Berbicara mengenai mie instan, memang adanya mie instan ini ditujukan untuk mempermudah siapapun yang ingin makan tanpa repot masak. Namun yang perlu diketahui, mie intan tidak boleh dikonsumsi terus-menerus atau secara berlebihan? Mengapa demikian? Hal ini karena mie instan mengandung zat-zat berbahaya kalau dikonsumsi berlebihan.

Berdasarkan penelitian, mie intan hanya boleh dikonsumsi 1-2 kali dalam seminggu, tidak boleh lebih. Karena akan mengakibatkan banyak sekali macam penyakit. Lantas, apa saja ancaman dari mie intan? Berikut ini beberapa ancaman mie intan bagi kesehatan:
 Siapa sih yang tidak kenal dengan mie instan 15 Bahaya Mie Instan bagi Kesehatan
15 Bahaya Mie Instan bagi Kesehatan

1. Menurunkan metabolisme

Mie intstan mengandung zat kimia berbahaya yang dapat menurunkan metabolisme tubuh. Mungkin sebagian besar orang berpikir bahwa mie instan bisa meningkatkan energis lebih. Sebenarnya tidak, mie instan hanya meningkatkan sedikit energi dan kemudian akan menurunkan kembali metabolisme akhir zat kimia yang terdapat di dalamnya.

2. Mengganggu pencernaan

Mie instan memang tidak baik untuk pencernaan, hal ini karena mie instan menghambat nutrisi yang akan masuk ke dalam tubuh, sehingga pencernaan menjadi terganggu. Oleh alasannya itu tidak jarang orang yang gemar makan mie instan mengalami duduk perkara pencernaan menyerupai sembelit atau susah buang air besar.

3. Menghambat peresapan nutrisi

Memang tidak sedikit orang renta yang memberi makanan anaknya berupa mie. Banyak alasan yang melatarbelakangi pilihan orang renta tersebut, entah itu keterbatasan waktu atau memang sang anak yang doyan mie instan. Tapi ketahuilah bahwa mie instan sangat tidak baik untuk kesehatan dan bahkan menghambat peresapan nutrisi, khususnya pada bawah umur di bawah 6 tahun.

4. Obesitas

Perlu anda ketahui bahwa ternyata mie instan juga merupakan salah satu penyebab obesitas. Hal ini dikarenakan mie instan mengandung lemak yang cukup tinggi dan juga natrisum yang ada di dalamnya yang bisa mengakibatkan terjadinya retensi air dalam tubuh.

Baca juga : Penyebab dan dampak buruk obesitas bagi kesehatan

5. MSG

MSG atau Monosodium Glutamate digunakan untuk meningkatkan rasa pada mie intan. Jika anda memiliki alergi terhadap MSG, maka dikala mengkonsumsi mie akan mengakibatkan rasa terbakar, panas di dada, wajah menjadi merah, nyeri, dan sakit kepala. Oleh alasannya itu kurangi dalam mengkonsumsi mie. Sebisa mungkin untuk menghindarinya.

6. Tinggi natrium

Seperti yang telah dijelaskan di atas, bahwa mie instan tinggi akan kandungan natriumnya. Mengkonsumsi makanan yang mengandung natrium secara berlebihan dapat mengakibatkan hipertensi, jantung, stroke, dan bahkan terjadi kerusakan pada ginjal. Hindarilah mengkonsumsi mie instan secara berlebihan.

7. Gangguan syaraf otak

Mie instan memiliki kandungan zat-zat kimia yang berbahaya. Tentu saja akan sangat membahayakan kesehatan badan apabila dikonsumsi berlebihan. Salah satu risikonya akan berimbas pada syaraf otak. Ya, syaraf otak akan mengalami gangguan. Jika dibiarkan begitu saja, maka bisa mengakibatkan terjadinya penyakit stroke.

8. Keguguran bagi wanita hamil

Bagi ibu yang sedang hamil, sangat disarankan untuk menghindari mie instan. Zat kimia dan materi pengawet yang terdapat dalam mie instan dapat mengakibatkan gangguan pada janin. Bukan hanya itu, bahkan bisa mengakibatkan keguguran pada bayi yang akan lahir.

9. Memicu tekanan darah tinggi

Tekanan darah tinggi atau biasa disebut dengan hipertensi juga bisa terjadi akhir terlalu sering mengkonsumsi mie instan. Normalnya tekanan darah seseorang ialah 130/80. Akan tetapi mie instan dapat meningkatkan tekanan darah seseorang bahkan sangat tinggi kalau dikonsumsi terlalu berlebihan.

Baca juga : Penyebab dan cara alami mengatasi tekanan darah tinggi

10. Meningkatkan kadar kolesterol

Kadar kolesterol yang tinggi memang dapat memicu datangnya banyak sekali macam penyakit. Untuk mengatasi hal itu, anda harus menghindari mengkonsumsi mie instan. Karena mie instan memiliki kandungan zat kimia berbahaya dan juga mengandung garam yang cukup tinggi. Jika dikonsumsi berlebihan dapat mengakibatkan kenaikan kolesterol yang cukup pesat.

Baca juga : Cara alami dan mudah turunkan kolesterol yang tinggi

11. Kerusakan hati

Bukan hanya meningkatkan kadar kolesterol, terlalu banyak mengkonsumsi mie instan juga dapat mengakibatkan kerusakan pada organ hati. Mengapa demikian? Karena mie instan mengandung zat berbahaya menyerupai proplene glycol yang dapat merusak dan mengganggu kinerja hati. Jika dibiarkan tentu akan dapat mengakibatkan kerusakan pada hati.

12. Gagal ginjal

Seperti yang dijelaskan di atas, bahwa mie instan mengandung proplene glycol yang juga sangat berbahaya bagi organ ginjal. Mengkonsumsi mie instan berlebihan dapat mengakibatkan penyakit ginjal dan bahkan terjadi gagal ginjal. Oleh alasannya itu kurangi mengkonsumsi mie instan.

13. Diabetes

Diabetes juga bisa menyerang anda kalau terlalu sering mengkonsumsi mie instan. Meski memiliki rasa yang cenderung gurih, namun mie instan memiliki kandungan gula yang dapat mengakibatkan penyakit diabetes. Secara tidak langsung, kandungan gula dalam mie instan tersebut akan diserap oleh tubuh. Maka kalau berlebihan akan mengakibatkan penyakit diabetes.

Baca juga : Cara alami mengobati diabetes

14. Kencing manis

Selain diabetes, mie intan juga bisa mengakibatkan penyakit kencing manis. Tidak lain ialah karena kandungan gula yang cukup tinggi dalam mie instan. Mengkonsumsi berlebihan dapat mengakibatkan kencing manis serta diabetes yang tentunga sangat berbahaya bagi badan kalau dibiarkan begitu saja.

15. Menyebabkan kanker

Mungkin sudah sering kita dengar bahwa mie instan dapat mengakibatkan penyakit kanker. Ya, ini memang benar. Kandungan zat berbahaya di dalamnya akan memicu berkembangnya sel kanker lebih cepat. Terutama mie yang terkemas dalam styrofoam. Styrofoam yang diberi air panas sangat tidak baik untuk kesehatan. Kandungan kimia berbahaya dalam styrofoam akan tercampur air panas dan masuk ke dalam tubuh.

Demikianlah informasi ihwal Bahaya Mie Instan bagi Kesehatan. Mie instan memang praktis dan lezat, namun mie instan sangat berbahaya bagi kesehatan. Untuk itu, lebih baik anda jangan terlalu sering mengkonsumsi mie instan, idealnya kita boleh mengkonsumsi mie instan seminggu sekali. Semoga informasi diatas bermanfaat. Terimakasih.

Popular posts from this blog

Daftar Pantangan bagi Penderita Asam Urat

Daftar pantangan bagi penderita asam urat - Banyak orang yang bertanya-tanya mengenai makanan atau minuman apa saja sih yang menjadi pantangan bagi mereka penderita penyakit asam urat? Hal ini tidaklah mengherankan, mengingat cukup tingginya penderita penyakit sendi asam urat di Indonesia. Berbicara wacana asam urat, penyakit ini terjadi tanggapan adanya kandungan asam urat dalam darah yang cukup tinggi. Penyakit ini memang tidak menyebabkan kematian, namun penyakit asam urat ini dapat menyebabkan munculnya rasa nyeri bahkan mampu sampai terjadi kecacatan. Oleh alasannya yaitu itu sangat perlu bagi kita untuk melaksanakan penanganan dan penyembuhan, lebih-lebih lagi melaksanakan pencegahan. Penyakit asam urat disebabkan oleh banyak sekali macam faktor, namun yang paling umum biasanya karena faktor genetik atau keturunan. Cegahlah dan atasilah penyakit asam urat dengan menerapkan teladan hidup sehat. Salah satunya yaitu dengan menghindari makanan atau minuman yang menjadi pant

Makanan yang Baik untuk Kesehatan Mata

Makanan yang baik untuk kesehatan mata - Mata merupakan episode badan yang memiliki fungsi penting dalam kehidupan kita. Tanpa mata, kita tidak akan bisa melihat apa yang ada di depan kita. Itu sebabnya kita harus selalu menjaga kesehatan mata kapanpun dan di manapun. Untuk menjaga kesehatan mata, sesungguhnya ada banyak cara yang bisa kita lakukan untuk menjaga dan meningkatkan kesehatan mata kita. Dan yang paling utama ialah dengan selalu menerapkan contoh hidup sehat setiap harinya, mulai dari olahraga rutin, istirahat cukup, mengkonsumsi makanan bergizi, dan hindari kebiasaan yang dapat merusak kesehatan mata. Berbicara perihal makanan bergizi yang baik untuk kesehatan mata, ada banyak makanan yang bisa anda pilih, tentunya makanan yang dapat mendukung kesehatan mata kita. Nah, biar mata kita tetap terjaga kesehatannya, berikut ini beberapa makanan yang baik untuk kesehatan mata: Makanan yang Baik untuk Kesehatan Mata 1. Wortel Sayuran wortel memang sudah tidak

Cara Alami Mengobati Asam Urat

Cara alami mengobati asam urat - Anda pernah mengalami penyakit asam urat? Biasanya penyakit ini ditandai dengan datangnya gejala menyerupai tiba-tiba mengalami rasa sakit pada adegan sendi, terutama pada adegan jempol yang disertai dengan pembengkakan. Jika anda mengalami gejala tersebut, itulah tanda adanya penyakit asam urat atau yang sering disebut dengan kirai/gout. Berbicara ihwal asam urat, penyakit ini disebabkan karena adanya pengkristalan natrium urat baik di dalam maupun di luar persendian. Biasanya rasa sakit yang ditimbulkan terjadi selama tiga hingga sepuluh hari, dan setelah batas waktu tersebut rasa sakitnya akan hilang dengan sendirinya. Meski terlihat sembuh setelah batas waktu tersebut, namun gotong royong asam urat bisa kambuh lagi. Untuk mencegah semoga tidak kambuh, anda bisa malakukan pegobatan dan pencegahan lebih cepat. Lalu bagaimana cara untuk mengobati asam urat semoga bisa cepat sembuh dan tidak kambuh lagi? Untuk mengobatinya, anda bisa memanfaat