Skip to main content

17 Manfaat Biji Pala untuk Kesehatan

Manfaat biji pala untuk kesehatan - Buah pala memang tidak dikenal oleh banyak orang akan manfaatnya. Hal ini karena buah pala hanya dikenal sebagai campuran bumbu atau penyedap masakan. Sehingga banyak orang yang hanya mengenal biji pala sebagai bumbu kuliner saja.

Buah pala ialah salah satu jenis rempah-rempah yang biasanya hanya dimanfaatkan adegan bijinya saja. Sedangkan adegan kulit luarnya biasanya hanya dibiarkan begitu saja. Tumbuhan buah pala ini memang sangat langka dan tidak bisa ditemui diseluruh wilayah Indonesia. Meskipun tidak banyak dikenal akan manfaatnya, bergotong-royong buah pala ini sangat bermanfaat bagi kesehatan tubuh.

Berbicara perihal biji buah pala, biji tersebut memiliki banyak manfaat yang sangat baik dalam mengobati banyak sekali macam penyakit dan gangguan kesehatan. Nah, berikut ini beberapa manfaat biji pala untuk kesehatan:
Buah pala memang tidak dikenal oleh banyak orang akan manfaatnya 17 Manfaat Biji Pala untuk Kesehatan
17 Manfaat Biji Pala untuk Kesehatan

1. Meningkatkan sistem imun tubuh

Mengkonsumsi buah pala bisa membantu anda dalam meningkatkan sistem imun tubuh. Ya, sistem kekebalan tubuh anda akan lebih meningkat dan lebih berpengaruh dengan mengkonsumsi buah pala secara rutin. Hal ini karena buah pala mengandung vitamin C. Sehingga tubuh anda akan lebih berpengaruh dan lebih kebal terhadap serangan penyakit.

2. Detok

Detok ialah pengeluaran racun yang ada di dalam tubuh. Adapun caranya bisa dilakukan dengan banyak sekali macam cara. Racun biasanya mengendap pada adegan ginjal, usus, dan hati. Dengan mengkonsumsi pala, racun dalam tubuh anda tersebut bisa dibersihkan dengan baik melalui keringat, fases, maupun urin.

3. Menghilangkan insomnia

Bagi anda yang memiliki problem insomnia, anda juga perlu memanfaatkan biji pala. Biji ini sangat baik dalam mengatasi maslaah insomnia atau susah tidur. Mungkin anda bisa tidur, akan tetapi tidur anda kurang berkualitas, nah anda juga bisa memanfaatkan biji pala. Anda cukup mengkonsumsi air rebusan pala di malam hari sebelum tidur.

4. Menambah nafsu makan

Nafsu makan yang kurang memang bisa membuat tubuh menjadi kurus. Bukan langsing akan tetapi menjadi kurus. Agar terhindar dari kekurusan akhir nafsu makan yang kurang, anda bisa memanfaatkan biji pala untuk meningkatkannya. Kandungan enzim lipase di dalamnya bisa menambah dan meningkatkan nafsu makan anda.

5. Menghilangkan masuk angin

Masuk angin memang sering dialami oleh banyak orang. Sebenarnya untuk menghilangkan masuk angin sangatlah mudah, yaitu dengan memanfaatkan biji pala. Anda cukup mengkonsumsi air rebusan buah pala. Selain dapat menghangatkan tubuh juga bisa mengatasi problem perut kembung. Anda bisa mengkonsumsinya secara rutin.

6. Menghilangkan bacin badan

Bau tubuh yang tidak sedap memang sangat mengganggu aktivitas. Apalagi ketika sedang bersama teman-teman, pasti akan menghilangkan rasa percaya diri. Untuk menghilangkan bacin tubuh yang tak sedap, anda bisa memanfatkan biji pala. Sebenarnya bukan hanya bacin badan, tapi juga bacin mulut. Kandungan limonene dalam buah pala dapat menghalau dan menghilangkan bacin tubuh serta bacin lisan yang tak sedap.

7. Mengobati influenza

Kandungan asam oleanolat yang terkandung di dalamnya bisa membantu mengobati influenza. Influenza disebabkan oleh virus, dan asam oleanolat bersifat sebagai antivirus, sehingga sangat cocok untuk mengatasi problem influenza. Mengkonsumsi buah pala secara rutin akan membantu menghilangkan virus penyebab influenza.

8. Mengobati hepatitis

Hepatitis juga merupakan penyakit yang bisa diobati dengan menggunakan buah pala atau mengkonsumsi sari buah pala. Kandungan asam oleanolat dalam buah pala bisa melindungi hati dan bersifat sebagai antivirus. Sehingga penyakit hepatitis bisa diobati serta dihindari untuk kedua kalinya.

9. Melancarkan pencernaan

Pencernaan yang tidak lancar memang sangat mengganggu aktivitas. Jika anda mengalami problem pencernaan ibarat susah BAB, sembelit, atau sebagainya, anda bisa memanfaatkan buah pala. Mengkonsumsi buah pala secara rutin bisa membantu melancarkan pencernaan tubuh anda.

10. Menghilangkan muntah

Buah pala memiliki sifat antiemetik. Sfat tersebut sangat bermanfaat dalam menghilangkan rasa mual dan rasa ingin muntah. Sangat cocok bagi anda yang mudah mabuk perjalanan atau mudah muntah. Cukup mengkonsumsi buah pala ini secara rutin. Tentunya dengan pengolahan yang benar.

11. Meredakan asam lambung

Asam lambung yang tinggi bisa menjadikan banyak sekali macam penyakit. Biasanya sering ditandai dengan rasa perih dan juga mual pada perut. Buah pala mengandung zat saponin yang sangat bermanfaat dalam meredakan dan menurunkan asam lambung. Siapkan 100 ml air hangat, lalu campurkan 1 sendok teh pala yang telah dihaluskan, campurkan juga 2 sendok teh buah pisang batu. Aduk sampai rata dan minum dalam keadaan hangat.

12. Menghilangkan nyeri

Rasa nyeri yang timbul akhir masuk masa menstruasi atau haid memang sangat mengganggu aktivitas. Bahkan mau apapun terasa sangat tidak nyaman. Untuk mengatasinya, anda bisa memanfaatkan buah pala. Sifat antiemetik di dalamnya bisa menghilangkan rasa nyeri dikala haid maupun nyri dikala rematik kambuh.

13. Mengobati rasa sakit

Buah pala juga bisa menetralisir rasa sakit secara alami. Kandungan senyawa kimia berupa mentol dalam buah pala ini akan membantu menetralisir rasa sakit dalam tubuh anda. Rasa sakit yang dimaksudkan ialah rasa sakit cidera, luka, atau radang kronis.

14. Mencegah leukimia

Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan oleh para ahli, menjelaskan bahda kandungan metanol dalam buah pala ini bisa mencegah kanker darah atau leukimia. Mengkonsumsi ekstrak buah pala secara rutin akan membantu mencegah hadirnya sel leukimia dalam tubuh dan menghambat sel kanker pada penderita leukimia.

15. Mencegah anemia

Kandungan zat besi yang terdapat dalam buah pala juga dapat membantu mencegah datangnya penyakit anemia. Kandungan tersebut akan membantu meningkatkan sel darah merah. Sehingga penyakit anemia akan dapat dicegah.

16. Menormalkan tekanan darah

Tekanan darah yang terlalu tinggi atau terlalu rendah akan menjadikan banyak sekali macam penyakit. Untuk menghindari hal itu, anda bisa memanfaatkan buah pala. Buah pala bisa membantu mengatur tekanan dara dan menormalkan tekanan darah dalam tubuh anda. Kandungan mineral dan kalium di dalamnya bisa meregangkan pembuluh darah, sehingga tekanan darah akan bisa dinormalkan kembali.

17. Menciptakan tulang sehat

Tulang yang sehat akan membuat hari renta menjadi lebih kuat. Untuk menjaga kesehatan tulang dan menjaga tetap kuat, anda bisa memanfaatkan buah pala. Buah pala mengandung kalsium yang sangat baik untuk kesehatan dan pertumbuhan tulang. Kandungan tersebut akan membantu memperbaiki syaraf tulang dan menjaga tulang tetap berpengaruh serta kokoh. Tulang pun akan terhindar dari penyakit osteoporosis.


Demikianlah berita perihal 17 Manfaat Biji Pala untuk Kesehatan. Semoga berita diatas bermanfaat. Terimakasih.

Popular posts from this blog

Daftar Pantangan bagi Penderita Asam Urat

Daftar pantangan bagi penderita asam urat - Banyak orang yang bertanya-tanya mengenai makanan atau minuman apa saja sih yang menjadi pantangan bagi mereka penderita penyakit asam urat? Hal ini tidaklah mengherankan, mengingat cukup tingginya penderita penyakit sendi asam urat di Indonesia. Berbicara wacana asam urat, penyakit ini terjadi tanggapan adanya kandungan asam urat dalam darah yang cukup tinggi. Penyakit ini memang tidak menyebabkan kematian, namun penyakit asam urat ini dapat menyebabkan munculnya rasa nyeri bahkan mampu sampai terjadi kecacatan. Oleh alasannya yaitu itu sangat perlu bagi kita untuk melaksanakan penanganan dan penyembuhan, lebih-lebih lagi melaksanakan pencegahan. Penyakit asam urat disebabkan oleh banyak sekali macam faktor, namun yang paling umum biasanya karena faktor genetik atau keturunan. Cegahlah dan atasilah penyakit asam urat dengan menerapkan teladan hidup sehat. Salah satunya yaitu dengan menghindari makanan atau minuman yang menjadi pant

Makanan yang Baik untuk Kesehatan Mata

Makanan yang baik untuk kesehatan mata - Mata merupakan episode badan yang memiliki fungsi penting dalam kehidupan kita. Tanpa mata, kita tidak akan bisa melihat apa yang ada di depan kita. Itu sebabnya kita harus selalu menjaga kesehatan mata kapanpun dan di manapun. Untuk menjaga kesehatan mata, sesungguhnya ada banyak cara yang bisa kita lakukan untuk menjaga dan meningkatkan kesehatan mata kita. Dan yang paling utama ialah dengan selalu menerapkan contoh hidup sehat setiap harinya, mulai dari olahraga rutin, istirahat cukup, mengkonsumsi makanan bergizi, dan hindari kebiasaan yang dapat merusak kesehatan mata. Berbicara perihal makanan bergizi yang baik untuk kesehatan mata, ada banyak makanan yang bisa anda pilih, tentunya makanan yang dapat mendukung kesehatan mata kita. Nah, biar mata kita tetap terjaga kesehatannya, berikut ini beberapa makanan yang baik untuk kesehatan mata: Makanan yang Baik untuk Kesehatan Mata 1. Wortel Sayuran wortel memang sudah tidak

Cara Alami Mengobati Asam Urat

Cara alami mengobati asam urat - Anda pernah mengalami penyakit asam urat? Biasanya penyakit ini ditandai dengan datangnya gejala menyerupai tiba-tiba mengalami rasa sakit pada adegan sendi, terutama pada adegan jempol yang disertai dengan pembengkakan. Jika anda mengalami gejala tersebut, itulah tanda adanya penyakit asam urat atau yang sering disebut dengan kirai/gout. Berbicara ihwal asam urat, penyakit ini disebabkan karena adanya pengkristalan natrium urat baik di dalam maupun di luar persendian. Biasanya rasa sakit yang ditimbulkan terjadi selama tiga hingga sepuluh hari, dan setelah batas waktu tersebut rasa sakitnya akan hilang dengan sendirinya. Meski terlihat sembuh setelah batas waktu tersebut, namun gotong royong asam urat bisa kambuh lagi. Untuk mencegah semoga tidak kambuh, anda bisa malakukan pegobatan dan pencegahan lebih cepat. Lalu bagaimana cara untuk mengobati asam urat semoga bisa cepat sembuh dan tidak kambuh lagi? Untuk mengobatinya, anda bisa memanfaat