Skip to main content

Cara Alami Mengobati Asam Urat

Cara alami mengobati asam urat - Anda pernah mengalami penyakit asam urat? Biasanya penyakit ini ditandai dengan datangnya gejala menyerupai tiba-tiba mengalami rasa sakit pada adegan sendi, terutama pada adegan jempol yang disertai dengan pembengkakan. Jika anda mengalami gejala tersebut, itulah tanda adanya penyakit asam urat atau yang sering disebut dengan kirai/gout.

Berbicara ihwal asam urat, penyakit ini disebabkan karena adanya pengkristalan natrium urat baik di dalam maupun di luar persendian. Biasanya rasa sakit yang ditimbulkan terjadi selama tiga hingga sepuluh hari, dan setelah batas waktu tersebut rasa sakitnya akan hilang dengan sendirinya. Meski terlihat sembuh setelah batas waktu tersebut, namun gotong royong asam urat bisa kambuh lagi. Untuk mencegah semoga tidak kambuh, anda bisa malakukan pegobatan dan pencegahan lebih cepat.

Lalu bagaimana cara untuk mengobati asam urat semoga bisa cepat sembuh dan tidak kambuh lagi? Untuk mengobatinya, anda bisa memanfaatkan bahan-bahan alami di sekitar anda. Nah, berikut ini beberapa cara alami mengobati asam urat dengan materi alami:
 Anda pernah mengalami penyakit asam urat Cara Alami Mengobati Asam Urat
Cara Alami Mengobati Asam Urat

1. Memperbanyak mengkonsumsi air putih

Air putih sangatlah penting untuk menambah asupan cairan tubuh. Karena cairan badan yang kurang akan menjadikan banyak sekali macam gangguan kesehatan, bahkan salah satunya asam urat. Memperbanyak minum air putih secara rutin akan membantu melarutkan asam urat dalam ginjal. Minumlah 8-10 gelas dalam sehari. Dengan demikian, kadar asam urat dalam badan tidak pekat, sehingga kemungkinan pengkristalan adegan sendi menjadi kecil.

2. Perbanyak vitamin C

Untuk mengobati asam urat, yang perlu kita perhatikan yakni asupan vitamin C dalam badan yang harus dipenuhi dengan baik. Konsumsilah vitamin C secara rutin. Karena jenis vitamin C ini cukup efektif dalam mengatasi peradangan sendi yang muncul secara tiba-tiba. Kandungan antioksidannya dalam vitamin C juga terbukti meringankan serta mencegah efek buruk dari serangan radikal bebas.

3. Konsumsi makanan bersifat basa

Mengkonsumsi makanan yang memiliki sifat basa menyerupai buah, sayur, dan biji-bijian yakni salah satu langkah baik untuk mengobati penyakit asam urat. Hal ini menyerupai yang telah diungkapkan oleh Dr Theodore A dalam buku yang berjudul "Alkaline or Die", bahwa "rajin mengkonsumsi makanan basa menyerupai buah, sayur, biji, dll akan sangat efektif dalam membantu menurunkan asam urat." Asam urat dalam badan pada dasarnya diproses melalui ginjal, makanan basa inilah yang akan membantu melarutkan asam urat dan dikeluarkan dalam bentuk urine.

4. Konsumsi jus lemon

Jus lemon sangat kaya akan kandungan vitamin C, dan citamin C sangat baik untuk asam urat menyerupai yang telah dijelaskan di atas. Selain itu, sifat masamnya dalam buah ini juga bisa mengobati asam urat tinggi. Mengingat kandungan asam tersebut bisa membantu badan memproduksi kalsium karbonat yang menetralkan  asam urat dalam tubuh.

5. Konsumsi jus buah cerry

Buah cerry gotong royong memiliki senyawa yang cukup pekat. Kandungan asam di dalamnya akan bisa mengimbangin kadar asam urat yang ada dalam darah dan urine. Selain itu, kandungan kalium dan nutrisi yang terdapat dalam buah cerry bisa meringankan rasa sakit persendian. Dan kandungan antioksidan serta anti inflamasi yang tinggi di dalamnya dapat mencegah radikal bebas serta mencegah peradangan.

6. Konsumsi cuka madu

Mungkin masih banyak yang merasa aneh dengan cuka madu. Cuka madu gotong royong sangat baik untuk mengobati asam urat. Biasanya obat asam urat dari cuka madu ini dijual oleh para pedagang obat herbal. Cuka madu ini merupakan kumpulan resin lebah yang bisa menunjukkan sifat basa dalam tubuh, sehingga cukup efektif dalam menetralkan asam urat yang tinggi dalam tubuh.

7. Konsumsi jahe

Jahe yakni salah satu jenis rempah-rempah yang sudah dikenal akan manfaatnya yang begitu banyak bagi kesehatan. Salah satu manfaatnya dapat mengobati asam urat. Jahe akan mengeluarkan tumpukan asam urat dengan cara memperlancar sirkulasi darah. Dengan mengkonsumsi jahe secara rutin, yaitu dijadikan soup atau wedang jahe atau sebagainya, akan membuat badan terasa lebih nyaman dan terhindar dari asam urat.

8. Manfaatkan bunga rosela

Untuk mengatasi problem nyeri sendi akhir asam urat, anda juga bisa memanfaatkan bunga rosela. Bunga rosela ini mengandung zat penting menyerupai protein esensial dan vitamin C. Selain itu juga mengandung asam amino arginina dan legnin yang dapat memiliki kegunaan memanjakan sel tubuh. Anda cukup menyiapkan 5 kelopak bunga rosela kering dan basuh hingga bersih. Kemudian seduh dengan air panas 200cc. Tambahkan madu sebagai pemanis. Konsumsilah secara rutin kurang lebih selama sebulan semoga khasiatnya bisa maksimal.

9. Daun seledri

Jika seledri biasanya digunakan sebagai campuran kuliner saja, ternyata dibalik itu seledri menyimpan banyak manfaat baik untuk kesehatan, salah satunya dapat mengobati asam urat. Daun seledri mengandung zat penting menyerupai klorin, asam lemak esensial, inositrol, sulfur, folat, potasium, mangan, fosfor, selenium, seng, vitamin B1, dan vitamin A. Kandungan tersebut ampuh untuk menyembuhkan nyeri sendi akhir asam urat. Cukup siapkan 2 gram biji seledri yang sudah dicuci. Rebuslah dengan 110 ml air bersih selama 15 menit. Lalu saring dan minumlah airnya. Minumlah ramuan tersebut sekali sehari hingga asam urat sembuh.


Demikianlah info ihwal Cara Alami Mengobati Asam Urat. Semoga info diatas bermanfaat. Terimakasih.

Popular posts from this blog

Daftar Pantangan bagi Penderita Asam Urat

Daftar pantangan bagi penderita asam urat - Banyak orang yang bertanya-tanya mengenai makanan atau minuman apa saja sih yang menjadi pantangan bagi mereka penderita penyakit asam urat? Hal ini tidaklah mengherankan, mengingat cukup tingginya penderita penyakit sendi asam urat di Indonesia. Berbicara wacana asam urat, penyakit ini terjadi tanggapan adanya kandungan asam urat dalam darah yang cukup tinggi. Penyakit ini memang tidak menyebabkan kematian, namun penyakit asam urat ini dapat menyebabkan munculnya rasa nyeri bahkan mampu sampai terjadi kecacatan. Oleh alasannya yaitu itu sangat perlu bagi kita untuk melaksanakan penanganan dan penyembuhan, lebih-lebih lagi melaksanakan pencegahan. Penyakit asam urat disebabkan oleh banyak sekali macam faktor, namun yang paling umum biasanya karena faktor genetik atau keturunan. Cegahlah dan atasilah penyakit asam urat dengan menerapkan teladan hidup sehat. Salah satunya yaitu dengan menghindari makanan atau minuman yang menjadi pant

Makanan yang Baik untuk Kesehatan Mata

Makanan yang baik untuk kesehatan mata - Mata merupakan episode badan yang memiliki fungsi penting dalam kehidupan kita. Tanpa mata, kita tidak akan bisa melihat apa yang ada di depan kita. Itu sebabnya kita harus selalu menjaga kesehatan mata kapanpun dan di manapun. Untuk menjaga kesehatan mata, sesungguhnya ada banyak cara yang bisa kita lakukan untuk menjaga dan meningkatkan kesehatan mata kita. Dan yang paling utama ialah dengan selalu menerapkan contoh hidup sehat setiap harinya, mulai dari olahraga rutin, istirahat cukup, mengkonsumsi makanan bergizi, dan hindari kebiasaan yang dapat merusak kesehatan mata. Berbicara perihal makanan bergizi yang baik untuk kesehatan mata, ada banyak makanan yang bisa anda pilih, tentunya makanan yang dapat mendukung kesehatan mata kita. Nah, biar mata kita tetap terjaga kesehatannya, berikut ini beberapa makanan yang baik untuk kesehatan mata: Makanan yang Baik untuk Kesehatan Mata 1. Wortel Sayuran wortel memang sudah tidak