Skip to main content

Manfaat dan Bahaya Makanan Berlemak bagi Kesehatan Tubuh

Manfaat dan ancaman makanan berlemak bagi kesehatan tubuh - Lemak ialah salah satu hal yang identik dengan kegemukan atau obesitas. Banyak orang yang menganggap bahwa semua jenis lemak itu berbahaya bagi tubuh. Sebenarnya tidak semua jenis lemak itu membahayakan tubuh. Ada jenis lemak baik dan ada juga lemak jahat. Namun kita harus mampu memilih dan membedakan antara keduanya supaya tidak tertukar mengkonsumsi lemak jahat.

Berbicara wacana lemak. Sebenarnya lemak sangat diharapkan oleh tubuh. Lemak itu sendiri merupakan unsur yang memiliki fungsi sebagai pembantu proses metabolisme tubuh dari vitamin yang larut dalam lemak. Itulah mengapa kita harus benar-benar mampu membedakan mana makanan yang mengandung lemak baik dan mana makanan yang mengandung lemak jahat.

Manfaat dari lemak sangatlah banyak, bahkan sangat diharapkan oleh tubuh untuk memaksimalkan fungsi organ dalam tubuh. Namun di sisi lain, lemak juga memiliki efek ancaman bagi kesehatan, hal ini berlaku kalau dikonsumsi secara berlebihan. Berikut ini beberapa manfaat dan ancaman makanan berlemak bagi kesehatan tubuh:
Manfaat dan ancaman makanan berlemak bagi kesehatan tubuh Manfaat dan Bahaya Makanan Berlemak bagi Kesehatan Tubuh
Manfaat dan Bahaya Makanan Berlemak bagi Kesehatan Tubuh

Manfaat makanan berlemak

1. Meningkatkan sistem kekebalan tubuh

Berdasarkan penjelasan yang diungkapkan oleh Dr Michael dan Dr Mary Eades dalam buku Good Calories, bahwa tugas lemak tak jenuh yang ditemukan dalam mentega dan minyak kelapa dapat membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Hilangnya asam lemak jenuh yang cukup banyak mampu menghambat sel darah putih untuk mengenali dan menghancurkan virus, bakteri, dan jamur yang masuk dalam sistem kekebalan tubuh kita.

2. Sebagai persediaan energi dalam tubuh

Lemak yang terdapat dalam tubuh sebetulnya berfungsi sebagai simpanan energi. Jadi, selain karbohidrat, lemak juga berperan penting dalam memasok energi tubuh. Lemak dalam tubuh berfungsi sebagai cadangan energi yang sewaktu-waktu dapat digunakan oleh tubuh. Ketika kita mengkonsumsi makanan berlebih, energi akan disimpan dalam bentuk lemak dan akan digunakan dikala diharapkan oleh tubuh.

3. Perlindung organ dalam

Mungkin banyak yang tidak mengetahui akan hal ini. Selain tulang dan rangka, organ dalam tubuh kita juga dilindungi oleh lemak. Hampir semua tubuh kita ditutupi oleh lemak, baik itu lemak tipis maupun lemak tebal. Sehingga organ tubuh menjadi lebih aman dan terlindungi. Selain itu, lemak juga dapat membantu menjaga suhu tubuh bertahan pada suhu hangatnya.

4. Mengontrol kolesterol dalam darah

Ada dua jenis lemak yang ada dalam tubuh kita, yaitu lemak HDL dan LDL. Mengkonsumsi makanan yang mengandung lemak baik akan membantu meningkatkan HDL dalam tubuh, yang nantinya dapat mencegah pembentukan plak dalam pembuluh darah yang dibentuk oleh LDL. Sehingga tekanan darah dalam tubuh akan menjadi lebih terkontrol.

5. Bahan pembentuk sel

Membran sel juga dibentuk oleh lapisan lemak. Membran sel itu sendiri ialah episode terluar dari sel yang melindungi sel. Apabila lapisan lemak dalam tubuh kita terpenuhi, maka membran sel akan terbentuk dengan baik, dan sel pun akan terlindungi secara maksimal.

6. Meningkatkan kesuburan

Lemak yang terdapat dalam tubuh kita menjadi materi utama untuk mensintensis banyak sekali hormon, termasuk hormon kewanitaan. Wanita yang memiliki berat tubuh ideal akan memiliki siklus menstruasi lebih teratur dibandingkan dengan wanita yang berat badannya kurang. Oleh karena itu lemak sangat penting dalam membantu hal ini.

7. Transportasi dan peresapan vitamin

Vitamin akan larut dalam lemak, lemak dalam tubuh kita akan menyerap vitamin yang masuk, dan nantinya akan difungsikan pada seluruh tubuh. Dengan asupan lemak yang pas, maka transportasi dan peresapan vitamin akan mampu berjalan lebih lancar dan maksimal.

Bahaya makanan berlemak

1. Menyebabkan obesitas atau kegemukan

Memang sudah bukan diam-diam lagi bahwa lemak dapat menjadikan seseorang obesitas dan kegemukan. Jika mengalami obesitas, bukan hanya merusak penampilan saja, akan tetapi juga dapat memicu datangnya banyak sekali macam penyakit menyerupai diabetes dan serangan jantung. Maka, hindarilah mengkonsumsi makanan lemak berlebih.

2. Kerusakan otak

Mengkonsumsi makanan berlemak secara berlebihan juga dapat menjadikan gangguan pada kesehatan otak. Ya, kinerja otak seseorang akan menjadi terganggu jawaban lemak yang berlebih dalam tubuh. Itu sebabnya mengapa kebanyakan orang gemuk biasanya susah untuk berpikir. Kandungan lemak jenuh dapat merusak episode hipotalamus otak yang mengatur keseimbangan energi.

3. Sembelit

Makanan yang mengandung lemak berlebih juga dapat menjadikan duduk perkara gangguan pencernaan menyerupai sembelit. Mengapa demikian? Karena makanan berlemak membutuhkan waktu lebih lama untuk dicerna dalam tubuh. Bahkan sampai terkadang organ lambung tidak mampu kosong sepenuhnya jawaban sisa lemak yang menumpuk.

4. Kolesterol yang tinggi

Tidak hanya lemak yang berlebih dalam tubuh, mengkonsumsi makanan berlemak juga dapat meningkatkan kadar kolesterol dalam tubuh. Bahkan mampu meningkat tinggi kalau mengkonsumsi berlebihan. Kolesterol yang tinggi dapat menjadikan gangguan kesehatan menyerupai kerusakan arteri, penumpukan plak pada pembuluh darah, penyempitan pembuluh darah, sampai alhasil mengancam kesehatan jantung dalam tubuh.

5. Tekanan darah tinggi

Memang hal ini sudah banyak diketahui oleh orang. Bahkan semua orang tahu bahwa makanan berlemak dapat menjadikan terjadinya hipertensi atau tekanan darah tinggi. Hal ini akan menawarkan efek buruk bagi kesehatan jantung. Selain itu juga dapat menjadikan kerusakan pada otak dan ginjal. Oleh karena itu sangat dianjurkan untuk menghindari makanan berlemak. Jangan mengkonsumsi dalam jumlah berlebihan atau terlalu sering.

6. Serangan jantung dan stroke

Seperti ang telah disinggung penjelasannya di atas, bahwa makanan berlemak dapat menjadikan gangguan kesehatan jantung, termasuk serangan jantung dan stroke. Lemak dalam tubuh akan menumpuk dan menyumbat arteri sampai menjadikan tekanan darah tinggi serta kolesterol. Jika dibiarkan akan dapat menjadikan terjadinya serangan jantung mendadak bahkan sampai stroke dan meninggal secara mendadak.

7. Meningkatkan risiko penyakit kanker

Bukan hanya membahayakan kesehatan jantung saja, makanan berlemak juga berisiko mendatangkan penyakit kanker. Mengkonsumsi makanan lemak berlebih akan berpotensi terserang kanker. Berbagai jenis kanker akan mengintai dan mengncam kesehatan para penggemar makanan berlemak. Beberapa jenis kanker yang mampu menyerang antara lain kanker usus, kanker empedu, kanker ginjal, dan jenis kanker mematikan lainnya.

Demikianlah info wacana Manfaat dan Bahaya Makanan Berlemak bagi Kesehatan Tubuh. Semoga info diatas bermanfaat. Terimakasih.

Popular posts from this blog

Daftar Pantangan bagi Penderita Asam Urat

Daftar pantangan bagi penderita asam urat - Banyak orang yang bertanya-tanya mengenai makanan atau minuman apa saja sih yang menjadi pantangan bagi mereka penderita penyakit asam urat? Hal ini tidaklah mengherankan, mengingat cukup tingginya penderita penyakit sendi asam urat di Indonesia. Berbicara wacana asam urat, penyakit ini terjadi tanggapan adanya kandungan asam urat dalam darah yang cukup tinggi. Penyakit ini memang tidak menyebabkan kematian, namun penyakit asam urat ini dapat menyebabkan munculnya rasa nyeri bahkan mampu sampai terjadi kecacatan. Oleh alasannya yaitu itu sangat perlu bagi kita untuk melaksanakan penanganan dan penyembuhan, lebih-lebih lagi melaksanakan pencegahan. Penyakit asam urat disebabkan oleh banyak sekali macam faktor, namun yang paling umum biasanya karena faktor genetik atau keturunan. Cegahlah dan atasilah penyakit asam urat dengan menerapkan teladan hidup sehat. Salah satunya yaitu dengan menghindari makanan atau minuman yang menjadi pant

Makanan yang Baik untuk Kesehatan Mata

Makanan yang baik untuk kesehatan mata - Mata merupakan episode badan yang memiliki fungsi penting dalam kehidupan kita. Tanpa mata, kita tidak akan bisa melihat apa yang ada di depan kita. Itu sebabnya kita harus selalu menjaga kesehatan mata kapanpun dan di manapun. Untuk menjaga kesehatan mata, sesungguhnya ada banyak cara yang bisa kita lakukan untuk menjaga dan meningkatkan kesehatan mata kita. Dan yang paling utama ialah dengan selalu menerapkan contoh hidup sehat setiap harinya, mulai dari olahraga rutin, istirahat cukup, mengkonsumsi makanan bergizi, dan hindari kebiasaan yang dapat merusak kesehatan mata. Berbicara perihal makanan bergizi yang baik untuk kesehatan mata, ada banyak makanan yang bisa anda pilih, tentunya makanan yang dapat mendukung kesehatan mata kita. Nah, biar mata kita tetap terjaga kesehatannya, berikut ini beberapa makanan yang baik untuk kesehatan mata: Makanan yang Baik untuk Kesehatan Mata 1. Wortel Sayuran wortel memang sudah tidak

Penyebab Pilek dan Cara Mengobatinya

Penyebab pilek dan cara mengobatinya - Pilek yaitu salah satu jenis abses ringan yang terjadi pada hidung, susukan sinus, tenggorokan, dan susukan episode atas jawaban serangan virus. Biasanya pilek lebih sering dialami oleh bawah umur sampai dewasa, hal itu tergantung contoh hidup yang diterapkan dan kuatnya daya tahan tubuh setiap orang. Berbicara mengenai pilek, ada banyak hal yang menjadi penyebab terjadinya pilek. Seperti yang telah disinggung di atas, yang paling utama yaitu karena contoh hidup yang kurang sehat. Jika daya tahan tubuh kurang dan contoh hidupnya tidak sehat, maka akan semakin besar resiko terserang pilek. Biasanya orang yang terserang pilek akan mengalami beberapa gejala yang dapat dikenali. Antara lain, hidung sering mengeluarkan ingus, sering bersin, sering batuk, pernafasan tidak lancar, dan lain sebagainya. Lantas, bagaimana cara mengobati dan mencegah pilek? Untuk mencegah dan mengobati pilek, yang paling utama yaitu tahu mengenai penyebab dan gejal