Skip to main content

Manfaat Getah Pepaya untuk Kesehatan

Manfaat getah pepaya untuk kesehatan - Buah pepaya ialah salah satu buah tropis yang banyak kita jumpai di Indonesia. Buah yang memiliki nama latin carica papaya ini memiliki banyak manfaat yang tentunya sangat baik untuk kesehatan dan juga kecantikan tubuh. Bukan hanya buahnya saja yang bermanfaat, akan tetapi juga batang, daun, bahkan getahnya sekalipun.

Berbicara ihwal manfaat dari getah pepaya, banyak orang yang belum mengetahui bahwasanya apa manfaat dari getah pepaya. Jika biasanya ketika memanfaatkan buah pepaya selalu membuang getahnya, maka kali ini anda harus menyisihkannya untuk dimanfaatkan. Getah pepaya memiliki kandungan asam amino, enzim papain, enzim protoase, dan masih banyak lagi. Kandungan tersebut dapat membantu menjaga kesehatan badan dengan baik.

Salah satu manfaat dari getah pepaya yaitu dapat membantu meregenerasi sel-sel badan yang rusak. Hal ini karena kandungan asam amino di dalamnya. Selain itu, berikut ini beberapa manfaat getah pepaya untuk kesehatan:
Buah pepaya ialah salah satu buah tropis yang banyak kita jumpai di Indonesia Manfaat Getah Pepaya untuk Kesehatan
Manfaat Getah Pepaya untuk Kesehatan

1. Sakit gigi

Getah pepaya memiliki kandungan antibakteri yang dapat membersihkan kuman penyebab sakit gigi. Hal ini akan sangat membantu bagi anda yang sering mengalami sakit gigi. Memang sakit gigi itu sangat menyusahkan. Bahkan makanan seenak apapun kita akan enggan memakannya kalau gigi kita sakit. Oleh karena itu jangan hingga sakit gigi merusak nafsu makan kita. Obatilah sakit gigi dengan getah pepaya. Gunakan kapas untuk mengoleskan getah pepaya pada gigi yang sakit.

2. Bisul

Jika anda mengalami problem bisulan, anda tidak perlu khawatir. Getah pepaya bisa membantu mengatasi problem bisulan pada episode badan anda. Biasanya bisul disebabkan karena kuman yang meradang yang alhasil menyebabkan benjolan pada kulit. Biasanya bisul berbentuk benjolan berwarna merah dan terdapat abses kekuningan serta terasa sakit. Cukup oleskan getah pepaya pada episode badan anda yang terdapat bisul. Lakukan hingga bisul sembuh dan hilang.

3. Tumit kaki pecah-pecah

Anda memiliki problem tumit kaki yang pecah-pecah? Sebenarnya tidak sulit untuk mengatasinya. Anda bisa memanfaatkan getah pepaya sebagai obat sekaligus perawatan tumit kaki biar terhindar dari problem pecah-pecah. Biasanya tumit kaki ini terjadi ketika animo kemarau tiba, cuaca yang panas membuat kulit kehilangan kelembapan yang alhasil memicu pecah-pecah. Cukup oleskan getah pepaya pada kaki yang tumitan. Tunggu 10-15 menit lalu bilas dan keringkan.

4. Bekas kulit terbakar

Ketika tak sengaja kulit anda terbakar, anda juga bisa mengobatinya dengan getah pepaya. Namun ingat, yang dimaksud kulit terbakar bukan pada episode menyerupai leher, wajah, atau anggota penting lainnya. Luka bakar ringan ini tentunya luka bakar yang masih bisa ditangani. Cukup gores-gores permukaan pepaya muda hingga getahnya keluar. Oleskan getah pada episode luka tersebut.

5. Penyakit kutil

Kutil ialah jenis tumor jinak yang berasal dari penebalan lapisan kulit luar yang berlebihan. Kutil memang tidak akan terasa sakit, akan etapi kalau mengalami lecet akan mengeluarkan darah. Untuk mengatasinya, anda bisa mengoleskan getah pepaya pada episode kutil tersebut. Lakukan pengolesan setiap 3 jam sekali.

Cara pengaplikasian getah pepaya

Jika anda belum tahu bagaimana cara mengaplikasikan getah pepaya pada episode tertentu untuk mengobati atau menyembuhkan penyakit tertentu, anda bisa menyimak caranya dibawah ini, yang perlu anda lakukan yaitu:
  • Getah pepaya biasanya berada di buah pepaya. Belah pepaya menjadi dua atau beberapa bagian, biarkan getahnya keluar secara berangsung-angsur.
  • Sebelum mengobati dengan getah pepaya, bersihkan dulu episode badan yang ingin diobati. 
  • Lalu oleskan getah pepaya secara perlahan pada episode yang sakit menggunakan perantara kapas.
  • Diamkan selama beberapa ketika hingga mengering.
  • Setelah kering, bersihkan episode tadi dengan air hangat sebagai langkah terakhir pengaplikasiannya.
  • Lakukan hingga benar-benar sembuh.
Demikianlah informasi ihwal Manfaat Getah Pepaya untuk Kesehatan. Semoga informasi diatas bermanfaat. Terimakasih.

Popular posts from this blog

Daftar Pantangan bagi Penderita Asam Urat

Daftar pantangan bagi penderita asam urat - Banyak orang yang bertanya-tanya mengenai makanan atau minuman apa saja sih yang menjadi pantangan bagi mereka penderita penyakit asam urat? Hal ini tidaklah mengherankan, mengingat cukup tingginya penderita penyakit sendi asam urat di Indonesia. Berbicara wacana asam urat, penyakit ini terjadi tanggapan adanya kandungan asam urat dalam darah yang cukup tinggi. Penyakit ini memang tidak menyebabkan kematian, namun penyakit asam urat ini dapat menyebabkan munculnya rasa nyeri bahkan mampu sampai terjadi kecacatan. Oleh alasannya yaitu itu sangat perlu bagi kita untuk melaksanakan penanganan dan penyembuhan, lebih-lebih lagi melaksanakan pencegahan. Penyakit asam urat disebabkan oleh banyak sekali macam faktor, namun yang paling umum biasanya karena faktor genetik atau keturunan. Cegahlah dan atasilah penyakit asam urat dengan menerapkan teladan hidup sehat. Salah satunya yaitu dengan menghindari makanan atau minuman yang menjadi pant

Makanan yang Baik untuk Kesehatan Mata

Makanan yang baik untuk kesehatan mata - Mata merupakan episode badan yang memiliki fungsi penting dalam kehidupan kita. Tanpa mata, kita tidak akan bisa melihat apa yang ada di depan kita. Itu sebabnya kita harus selalu menjaga kesehatan mata kapanpun dan di manapun. Untuk menjaga kesehatan mata, sesungguhnya ada banyak cara yang bisa kita lakukan untuk menjaga dan meningkatkan kesehatan mata kita. Dan yang paling utama ialah dengan selalu menerapkan contoh hidup sehat setiap harinya, mulai dari olahraga rutin, istirahat cukup, mengkonsumsi makanan bergizi, dan hindari kebiasaan yang dapat merusak kesehatan mata. Berbicara perihal makanan bergizi yang baik untuk kesehatan mata, ada banyak makanan yang bisa anda pilih, tentunya makanan yang dapat mendukung kesehatan mata kita. Nah, biar mata kita tetap terjaga kesehatannya, berikut ini beberapa makanan yang baik untuk kesehatan mata: Makanan yang Baik untuk Kesehatan Mata 1. Wortel Sayuran wortel memang sudah tidak

Cara Alami Mengobati Asam Urat

Cara alami mengobati asam urat - Anda pernah mengalami penyakit asam urat? Biasanya penyakit ini ditandai dengan datangnya gejala menyerupai tiba-tiba mengalami rasa sakit pada adegan sendi, terutama pada adegan jempol yang disertai dengan pembengkakan. Jika anda mengalami gejala tersebut, itulah tanda adanya penyakit asam urat atau yang sering disebut dengan kirai/gout. Berbicara ihwal asam urat, penyakit ini disebabkan karena adanya pengkristalan natrium urat baik di dalam maupun di luar persendian. Biasanya rasa sakit yang ditimbulkan terjadi selama tiga hingga sepuluh hari, dan setelah batas waktu tersebut rasa sakitnya akan hilang dengan sendirinya. Meski terlihat sembuh setelah batas waktu tersebut, namun gotong royong asam urat bisa kambuh lagi. Untuk mencegah semoga tidak kambuh, anda bisa malakukan pegobatan dan pencegahan lebih cepat. Lalu bagaimana cara untuk mengobati asam urat semoga bisa cepat sembuh dan tidak kambuh lagi? Untuk mengobatinya, anda bisa memanfaat