Skip to main content

Manfaat Makanan Berserat untuk Kesehatan Tubuh

Manfaat makanan berserat untuk kesehatan tubuh - Serat adalalah salah satu jenis zat yang terkandung dalam beberapa jenis makanan menyerupai buah-buahan dan sayuran yang dapat membantu dalam proses pencernaan. Agar tubuh kita tetap terjaga kesehatannya, maka maka sangat diharapkan asupan serat dari makan yang dikonsumi.

Berbicara perihal serat, ada banyak jenis makanan yang mengandung serat. Dan semua makanan yang mengandung serat biasanya memiliki manfaat yang sangat baik untuk kesehatan tubuh. Sebab, makanan berserat bisa membantu proses metabolisme tubuh, terutama melancarkan pergerakan makanan yang ada di dalam usus. Usus membutuhkan serat untuk mengangkut makanan lain dan menghasilkan tinja. Jika kekurangan serat makanan, maka pencernaan tidak akan bisa berjalan dengan baik. Bahkan bisa memicu timbulnya aneka macam macam dilema kesehatan.

Ada banyak manfaat yang bisa kita dapatkan dari makanan yang berserat, sebagian diantaranya telah dijelaskan di atas. Selain itu, ada juga manfaat lain dari makanan berserat yang baik untuk kesehatan. Berikut ini beberapa manfaat makanan berserat untuk kesehatan tubuh:

Manfaat makanan berserat untuk kesehatan tubuh  Manfaat Makanan Berserat untuk Kesehatan Tubuh
Manfaat Makanan Berserat untuk Kesehatan Tubuh

1. Membantu tubuh menerima energi

Tubuh kita membutuhkan energi yang cukup untuk menjalani acara setiap hari. Nah, untuk menerima pasokan energi, anda bisa rutin mengkonsumsi makanan berserat. Serat yaitu salah satu jenis karbohidrat yang mudah diserap oleh tubuh dan organ pencernaan. Dengan mengkonsumsi serat secara teratur akan membantu meningkatkan perembesan energi dengan lebih ringan.

2. Melancarkan sistem pencernaan dan mencegah sembelit

Memang bukan belakang layar lagi bahwa makanan yang mengandung serat bisa melancarkan sistem pencernaan. Jika anda tidak ingin memiliki dilema gangguan pencernaan menyerupai sembelit dan lain sebagainya, konsumsilah makanan berserat secara rutin. Asupan serat yang terpenuhi dengan baik akan membantu menghindarkan anda dari gangguan dilema pencernaan.

3. Menurunkan berat badan

Mungkin banyak yang belum mengetahui akan hal ini, bahwa makanan berserat ternyata bisa menurunkan berat badan. Makanan berserat mengandung nutrisi yang lengkap dan baik untuk membantu menurunkan berat tubuh anda. Karena mengkonsumsi makanan berserat akan membantu anda kenyang lebih lama, sehingga menghindarkan anda dari rasa ingin ngemil.

4. Membantu pergerakan usus

Makanan berserat juga dapat membantu pergerakan usus menjadi lebih baik. Banyak mengkonsumsi makanan berserat akan meningkatkan sistem gerakan usus dalam mengolah makanan yang masuk ke akses pencernaan. Bukan hanya itu, serat dalam makana juga dapat membantu fases menjadi lebih lembut, sehingga usus bisa bekerja lebih normal dan tidak terkendala keras. Hal ini sangat baik untuk menghindari gangguan wasir, diare, atau sebagainya.

5. Mencegah watu ginjal dan watu empedu

Kadar gula darah yang tidak terkontrol dengan baik bisa memicu meningkatnya risiko watu ginjal dan watu empedu. Untuk mencegahnya, anda bisa rutin mengkonsumsi makanan berserat. Serat bisa mengatur kadar gula darah dengan cara mencegah insulin supaya tidak masuk ke pemikiran darah selama proses pencernaan. Hal ini tentu berdampak baik karena tidak terbentuknya empedu dan watu ginjal.

6. Menjaga kesehatan kulit

Kesehatan kulit sangat penting untuk kita jaga. Salah satu caranya yaitu dengan rutin mengkonsumsi makanan berserat. Anda bisa dengan mudah menerima serat, yaitu dari buah-buahan maupun sayuran. Serat bisa memindahkan aneka macam jenis racun, bakteri, dan jamur yang berasal dari makan dan masuk ke sistem pencernaan. Jika racun, bakteri, dan jamur bisa teratasi, tentu kulit anda akan terhindar dari jerawat, komedo, dan dilema kulit lainnya.

7. Menurunkan kadar koletserol

Berbeda dengan makanan lainnya, makanan yang mengandung serat bisa menurunkan kadar koletserol dalam tubuh. Kadar kolesterol yang didapatkan dari aneka macam makanan berlemak akan meningkatkaan kolesterol dalam darah. Tentu saja hal ini bisa memicu risiko penyakit jantung, stroke, diabetes, dan sebagainya. Untuk mengatasi dan mencegahnya, anda perlu mengkonsumsi makanan berserat secara rutin. Dengan demikian, kadar kolesterol akan lebih terjaga.

8. Membantu mengatur kadar gula darah

Kadar gula darah dalam tubuh kita memang perlu diperhatikan. Kadar gula darah ini didapatkan dari proses pemecahan karbohidrat yang dilakukan oleh sel-sel dalam darah. Jika mengkonsumsi makanan berserat secara teratur, maka akan dapat membantu proses perembesan zat makanan oleh organ tubuh dan sel-sel darah menjadi lebih baik. Dengan demikian, makan tidak akan ada lagi pengumpulan gula dalam darah. Maka, kosnumsilah makanan berserat secara rutin untuk menjaga kadar gula darah dengan baik.

9. Mencegah diabetes

Penyakit diabetes memang perlu diberikan penanganan khusus dalam mengatasinya. Penanganan khusus terserbut yaitu dengan mengkonsumsi makanan berserat secara rutin. Makanan berserat bisa mengatur kadar gula darah dengan baik, itulah kunci dari penyakit tersebut. Jika kadar gula darah bisa diatur dengan baik, maka diabetes akan teratasi. Maka, konsumsilah makanan berserat secara teratur, supaya perembesan kadar gula dalam darah bisa diperlambat.

10. Menyehatkan jantung

Kesehatan jantung sangat penting untuk kita perhatikan. Salah satu cara memperhatikannya yaitu mengkonsumsi makanan yang dapat meningkatkan kesehatannya, termasuk mengkonsumsi makanan berserat. Makanan berserat dapat menurunkan kadar kolesterol dalam tubuh, yang tentunya akan berdampak baik bagi kesehatan jantung. Karena kolesterol yang tinggi merupakan salah satu penyebab datangnya penyakit jantung.

11. Mencegah stroke

Selain menyehatkan jantung, makanan berserat juga dapat membantu mencegah penyakit stroke. Berdasarkan study yang telah dilakukan, bahwa serat dalam diet bisa menurunkan risiko stroke. Memenuhi kebutuhan serat setiap harinya minimal 25 gram akan membantu menghindarkan anda dari stroke. Maka konsumsilah makanan berserat menyerupai buah-buahan dan sayur.

12. Mencegah penyakit kanker

Salah satu penyakit mematikan yang tidak boleh dibiarkan begitu saja, yaitu penyakit kanker. Memang terkadang kita tidak tahu kapan sel-sel kanker akan tumbuh dan berkembang. Oleh alasannya yaitu itu kita haru waspada dan melaksanakan pencegahan. Makanan berserat bisa membantu mencegah penyakit kanker. Penelitian mengungkapkan bahwa serat bisa meningkatkan kecepatan makanan dalam melewati akses pencernaan. Dengan demikian, serat bisa mencegah penyakit kanker usus besar, rahim, ovarium, dan lain sebagainya.

Demikianlah info perihal Manfaat Makanan Berserat untuk Kesehatan Tubuh. Semoga info diatas bermanfaat. Terimakasih.

Popular posts from this blog

Daftar Pantangan bagi Penderita Asam Urat

Daftar pantangan bagi penderita asam urat - Banyak orang yang bertanya-tanya mengenai makanan atau minuman apa saja sih yang menjadi pantangan bagi mereka penderita penyakit asam urat? Hal ini tidaklah mengherankan, mengingat cukup tingginya penderita penyakit sendi asam urat di Indonesia. Berbicara wacana asam urat, penyakit ini terjadi tanggapan adanya kandungan asam urat dalam darah yang cukup tinggi. Penyakit ini memang tidak menyebabkan kematian, namun penyakit asam urat ini dapat menyebabkan munculnya rasa nyeri bahkan mampu sampai terjadi kecacatan. Oleh alasannya yaitu itu sangat perlu bagi kita untuk melaksanakan penanganan dan penyembuhan, lebih-lebih lagi melaksanakan pencegahan. Penyakit asam urat disebabkan oleh banyak sekali macam faktor, namun yang paling umum biasanya karena faktor genetik atau keturunan. Cegahlah dan atasilah penyakit asam urat dengan menerapkan teladan hidup sehat. Salah satunya yaitu dengan menghindari makanan atau minuman yang menjadi pant

Makanan yang Baik untuk Kesehatan Mata

Makanan yang baik untuk kesehatan mata - Mata merupakan episode badan yang memiliki fungsi penting dalam kehidupan kita. Tanpa mata, kita tidak akan bisa melihat apa yang ada di depan kita. Itu sebabnya kita harus selalu menjaga kesehatan mata kapanpun dan di manapun. Untuk menjaga kesehatan mata, sesungguhnya ada banyak cara yang bisa kita lakukan untuk menjaga dan meningkatkan kesehatan mata kita. Dan yang paling utama ialah dengan selalu menerapkan contoh hidup sehat setiap harinya, mulai dari olahraga rutin, istirahat cukup, mengkonsumsi makanan bergizi, dan hindari kebiasaan yang dapat merusak kesehatan mata. Berbicara perihal makanan bergizi yang baik untuk kesehatan mata, ada banyak makanan yang bisa anda pilih, tentunya makanan yang dapat mendukung kesehatan mata kita. Nah, biar mata kita tetap terjaga kesehatannya, berikut ini beberapa makanan yang baik untuk kesehatan mata: Makanan yang Baik untuk Kesehatan Mata 1. Wortel Sayuran wortel memang sudah tidak

Penyebab Pilek dan Cara Mengobatinya

Penyebab pilek dan cara mengobatinya - Pilek yaitu salah satu jenis abses ringan yang terjadi pada hidung, susukan sinus, tenggorokan, dan susukan episode atas jawaban serangan virus. Biasanya pilek lebih sering dialami oleh bawah umur sampai dewasa, hal itu tergantung contoh hidup yang diterapkan dan kuatnya daya tahan tubuh setiap orang. Berbicara mengenai pilek, ada banyak hal yang menjadi penyebab terjadinya pilek. Seperti yang telah disinggung di atas, yang paling utama yaitu karena contoh hidup yang kurang sehat. Jika daya tahan tubuh kurang dan contoh hidupnya tidak sehat, maka akan semakin besar resiko terserang pilek. Biasanya orang yang terserang pilek akan mengalami beberapa gejala yang dapat dikenali. Antara lain, hidung sering mengeluarkan ingus, sering bersin, sering batuk, pernafasan tidak lancar, dan lain sebagainya. Lantas, bagaimana cara mengobati dan mencegah pilek? Untuk mencegah dan mengobati pilek, yang paling utama yaitu tahu mengenai penyebab dan gejal