Skip to main content

Penyebab, Gejala dan Cara Mengobati Panas Dalam

Penyebab, gejala, dan cara mengobati panas dalam - Siapa sih yang tidak pernah mengalami gangguan panas dalam? Hampir semua orang pernah mengalaminya. Penyebabnya pun beragam, mampu sebab mengkonsumsi makanan panas dan berlemak, terlalu panas atau dingin, dan sebagainya.

Berbicara mengenai panas dalam. Memang gangguan kesehatan yang satu ini terkadang datang tanpa kita sadari dan eksklusif terasa begitu saja. Nah, untuk berjaga-jaga, maka kita perlu melaksanakan aneka macam cara untuk mencegahnya. Sebelum melaksanakan pencegahan, tentu kita harus tahu terlebih dahulu mengenai penyebab, gejala, dan bagaimana cara mencegah atau mengobatinya.

Sebenarnya ada banyak penyebab, gejala, maupun cara mencegah/mengobatinya. Tergantung bagaimana kita melakukannya, apakah kita mampu melakukannya dengan baik dan benar? Nah, berikut ini penjelasan lebih lengkap mengenai penyebab, gejala, dan cara mengobati panas dalam.
 Siapa sih yang tidak pernah mengalami gangguan panas dalam Penyebab, Gejala, dan Cara Mengobati Panas Dalam
Penyebab, Gejala, dan Cara Mengobati Panas Dalam

Penyebab panas dalam

Ada banyak sekali penyebab panas dalam yang mungkin tidak diketahui oleh banyak orang. Ini semua berawal dari kebiasaan hidup yang kurang sehat atau contoh hidup yang kurang diperhatikan. Berikut ini beberapa penyebabnya:
  • Terlalu banyak mengkonsumsi makanan panas dan berlemak
  • Mengkonsumsi makanan terlalu panas atau dingin
  • Kurangnya asupan vitamin C, serat, dan cairan dalam tubuh
  • Faktor cuaca dan lingkungan, terutama ketika panas/kemarau
  • Kondisi seseorang yang sedang stres
  • Ketidak stabilan hormon dalam badan seseorang
  • Sistem imunitas badan seseorang yang menurun.

Gejala panas dalam

Panas dalam memiliki banyak gejala yang perlu kita ketahui. Hal ini ditujukan biar kita tahu bahwa apa yang kita rasakan merupakan gejala dari panas dalam. Nah, berikut ini beberapa gejala panas dalam:
  • Muncul beberapa gangguan pada mulut. Mulai dari sariawan, bibir pecah, dan amis verbal tak sedap.
  • Terjadinya gangguan sistem pencernaan menyerupai sembelit dan wasir.
  • Gangguan pada adegan tenggorokan. Seperti sakit tenggorokan, peradangan, tenggorokan gatal, kering, dan sebagainya.
  • Sering merasa haus dan selalu ingin minum.
  • Badan anda merasa/terasa meriang, bahkan terkadang mengalami panas yang sangat tiinggi.

Cara mengobati panas dalam

1. Madu dan perasan lemon

Untuk mengobati panas dalam, anda mampu memanfaatkan madu dan perasan jeruk lemon. Kedua materi ini memiliki kandungan nutrisi dan gizi yang baik untuk kesehatan tubuh. Kombinasi keduanya sangat cocok untuk mengatasi gejala panas dalam. Madu mengandung mineral, vitamin, dan nutrisi penting lainnya. Sedangkan jeruk lemon mengandung vitamin C yang efektif meningkatkan sistem imun tubuh.

2. Cincau

Bukan hanya madu dan perasan lemon saja, cincau pun dapat anda manfaatkan untuk mengobati panas dalam. Cincau kaya akan serat yang baik untuk meredakan panas dalam, baik untuk pencernaan, dan masih banyak lagi. Untuk khasiat lebih efektif, sebaiknya tidak memakan atau minum cincau bersama dengan es. Dan lebih baik dicamur gula merah sebagai suplemen alami.

3. Rumput laut

Rmput laut merupakans alah satu biota laut yang kaya akan kandungan seratnya. Kandungan tersebut efektif untuk mengatasi panas dalam. Anda mampu memperoleh ekstrak rumput laut dalam bentuk agar-agar. Ingat, bila ingin menggunakan gula pemanis, gunakan gula jawa, jangan gunakan gula pasir.

4. Air kelapa hijau muda

Air kelapa hijau muda memiliki kandungan elektrolit yang cukup tinggi. Selain baik untuk mencegah terjadinya dehidrasi dan meningkatkan ion tubuh, air kelapa muda juga sangat baik untuk mengobati gejala panas dalam. Makara sangat cocok untuk anda manfaatkan sebagai obat alami mengatasi problem panas dalam.

5. Cuka apel

Yang namanya cuka pasti rasanya asam gimana gitu. Meskipun demikian, ternyata cuka apel ini dapat membantu  mengatasi problem panas dalam. Kandungan vitamin C  di dalamnya sangat efektif  meredakan gejala panas dalam dan efektif untuk meningkatkan sistem imun tubuh. Selain itu, kandungan serat pada apel juga sangat baik untuk pencernaan tubuh.

6. Makanan laut

Anda juga mampu memanfaatkan makanan laut untuk mengobati problem panas dalam. Namun ingat, makanan ini tidak dianjurkan bagi anda yang memiliki problem alergi terhadap makanan laut. Makanan laut mengandung turin yang efektif untuk mengatasi panas dalam dan meredakan rasa sakit pada pencernaan anda.

7. Air garam

Mungkin bagi sebagian orang akan merasa enggan untuk merasakan air garam, apalagi meminumnya. Namun tahukah anda bahwa air garam ternyata merupakan cairan antiseptik alami yang dapat mengusir kuman dalam mulut, sehingga amis verbal teratasi. Antiseptik tersebut juga dapat membantu mengatasi sakit tenggorokan, sariawan, serta sakit gigi.

8. Kacang hijau

Kacang hijau juga sangat baik untuk mengatasi problem panas dalam. Anda mampu mengkonsumsi sari kacang hijau untuk meredakan gejala panas dalam. Kandungan zat besi di dalamnya efektif untuk meningkatkan jumlah sel darah merah dalam badan yang sehingga dapat mencegah penyakit anemia. Selain kacang hijau juga dapat memanfaatkan jenis kacang lainnya untuk mengobati panas dalam.

Demikianlah info ihwal Penyebab, gejala, dan cara mengobati panas dalam. Semoga info diatas bermanfaat. Terimakasih.

Popular posts from this blog

Daftar Pantangan bagi Penderita Asam Urat

Daftar pantangan bagi penderita asam urat - Banyak orang yang bertanya-tanya mengenai makanan atau minuman apa saja sih yang menjadi pantangan bagi mereka penderita penyakit asam urat? Hal ini tidaklah mengherankan, mengingat cukup tingginya penderita penyakit sendi asam urat di Indonesia. Berbicara wacana asam urat, penyakit ini terjadi tanggapan adanya kandungan asam urat dalam darah yang cukup tinggi. Penyakit ini memang tidak menyebabkan kematian, namun penyakit asam urat ini dapat menyebabkan munculnya rasa nyeri bahkan mampu sampai terjadi kecacatan. Oleh alasannya yaitu itu sangat perlu bagi kita untuk melaksanakan penanganan dan penyembuhan, lebih-lebih lagi melaksanakan pencegahan. Penyakit asam urat disebabkan oleh banyak sekali macam faktor, namun yang paling umum biasanya karena faktor genetik atau keturunan. Cegahlah dan atasilah penyakit asam urat dengan menerapkan teladan hidup sehat. Salah satunya yaitu dengan menghindari makanan atau minuman yang menjadi pant

Makanan yang Baik untuk Kesehatan Mata

Makanan yang baik untuk kesehatan mata - Mata merupakan episode badan yang memiliki fungsi penting dalam kehidupan kita. Tanpa mata, kita tidak akan bisa melihat apa yang ada di depan kita. Itu sebabnya kita harus selalu menjaga kesehatan mata kapanpun dan di manapun. Untuk menjaga kesehatan mata, sesungguhnya ada banyak cara yang bisa kita lakukan untuk menjaga dan meningkatkan kesehatan mata kita. Dan yang paling utama ialah dengan selalu menerapkan contoh hidup sehat setiap harinya, mulai dari olahraga rutin, istirahat cukup, mengkonsumsi makanan bergizi, dan hindari kebiasaan yang dapat merusak kesehatan mata. Berbicara perihal makanan bergizi yang baik untuk kesehatan mata, ada banyak makanan yang bisa anda pilih, tentunya makanan yang dapat mendukung kesehatan mata kita. Nah, biar mata kita tetap terjaga kesehatannya, berikut ini beberapa makanan yang baik untuk kesehatan mata: Makanan yang Baik untuk Kesehatan Mata 1. Wortel Sayuran wortel memang sudah tidak

Penyebab Pilek dan Cara Mengobatinya

Penyebab pilek dan cara mengobatinya - Pilek yaitu salah satu jenis abses ringan yang terjadi pada hidung, susukan sinus, tenggorokan, dan susukan episode atas jawaban serangan virus. Biasanya pilek lebih sering dialami oleh bawah umur sampai dewasa, hal itu tergantung contoh hidup yang diterapkan dan kuatnya daya tahan tubuh setiap orang. Berbicara mengenai pilek, ada banyak hal yang menjadi penyebab terjadinya pilek. Seperti yang telah disinggung di atas, yang paling utama yaitu karena contoh hidup yang kurang sehat. Jika daya tahan tubuh kurang dan contoh hidupnya tidak sehat, maka akan semakin besar resiko terserang pilek. Biasanya orang yang terserang pilek akan mengalami beberapa gejala yang dapat dikenali. Antara lain, hidung sering mengeluarkan ingus, sering bersin, sering batuk, pernafasan tidak lancar, dan lain sebagainya. Lantas, bagaimana cara mengobati dan mencegah pilek? Untuk mencegah dan mengobati pilek, yang paling utama yaitu tahu mengenai penyebab dan gejal