Skip to main content

Kandungan Gizi dan Manfaat Singkong untuk Kesehatan

Kandungan gizi dan manfaat singkong untuk kesehatan - Singkong atau biasa disebut dengan ubi kayu, merupakan salah satu jenis ubi yang diminati oleh banyak orang. Bahkan dibeberapa daerah, singkong telah dijadikan sebagai makanan pokok yang menggantikan nasi.

Berbicara mengenai singkong, memang tidak ada salahnya menjadikan singkong sebagai makanan pokok sehari-hari, hal ini karena singkong kaya akan kandungan kalori dan merupakan sumber energi yang baik. Jadi, mengkonsumsi singkong setiap haris tentu sudah mencukupi asupan makanan pokok sebagai pengganti nasi.

Seiring perkembangannya, singkong kini telah banyak dimanfaatkan untuk membuat aneka macam macam panganan atau cemilan, atau juga diambil patinya untuk aneka macam macam keperluan. Lantas, apa saja manfaat dari singkong? Nah, berikut ini beberapa kandungan gizi serta manfaat singkong untuk kesehatan tubuh:
Kandungan gizi dan manfaat singkong untuk kesehatan  Kandungan Gizi dan Manfaat Singkong untuk Kesehatan
Kandungan Gizi dan Manfaat Singkong untuk Kesehatan

1. Sumber karbohidrat

Singkong merupakan makanan sumber karbohidrat. Bahkan singkong juga memiliki kandungan kalori yang lebih banyak dua kali lipat dari kentang. Oleh alasannya yaitu itu, tidak salah apabila banyak orang yang memilih singkong untuk dijadikan makanan pokok sebagai pengganti nasi.

2. Sumber serat

Singkong juga memiliki kandungan serat yang tinggi, sehingga sangat baik untuk sistem pencernaan. Kandungan serat di dalamnya juga sangat baik untuk menurunkan risiko penyakit stroke, jantung, kanker usus besar, serta membantu mengendalikan diabetes. Anda mampu menerima manfaatnya tersebut yaitu dengan cara merebus atau mengkukus dalam mengolahnya.

3. Protein tinggi

Kandungan proteinnya yang tinggi pada singkong, kandungan tersebut sangat baik untuk kesehatan tubuh. Bahkan kandungan protein pada singkong memiliki kadar yang lebih tinggi dibandingkan dengan yang ada pada kentang.

4. Vitamin K

Vitamin K yaitu salah satu vitamin yang sangat baik untuk kesehatan dan pertumbuhan tulang. Anda mampu menerima vitamin tersebut dengan mengkonsumsi singkong. Selain baik untuk kesehatan tulang, vitamin K di dalamnya juga berperan penting dalam pengobatan pasien alzheimer dengan cara membatasi kerusakan saraf di otak.

5. Vitamin B kompleks

Singkong juga mengandung vitamin B kompleks dan kelompok vitamin ibarat riboflavin, folates,thiamin, piridoksin (vitamin B-6) dan asam pantotenat. Semua kandungan tersebut dapat membantu pertumbuhan badan serta memproduksi sel darah merah, sehingga dapat mengurangi penyakit anemia.

6. Mineral penting

Dalam singkong juga mengandung beberapa jenis mineral penting, ibarat magnesium, seng, tembaga, zat besi, kalium, kalsium, dan mangan. Semua kandungan tersebut sangat penting bagi kesehatan tubuh. Jumlah kalium pada singkong bermanfaat dalam pembentukan sel badan serta dapat mengatur tekanan darah. Selain itu, singkong juga dapat menurunkan kadar kolesterol jahat.

7. Melancarkan pencernaan

Seperti yang telah dijelaskan di atas, bahwa singkong sangat kaya akan kandungan seratnya yang sangat baik untuk pencernaan. Serat yang terdapat di dalamnya akan membantu proses buang air besar, serta dapat menyerap dan membuang toksin dalam usus, sehingga pencernaan menjadi lebih sehat dan lancar.

Baca juga : Daftar makanan sehat untuk melancarkan sistem pencernaan

8. Mencukupi asupan magnesium dan tembaga

 Mengkonsumsi singkong secara rutin, akan dapat membantu mencukupi asupan magnesium dan tembaga dalam badan anda. Bahkan dapat membantu menurunkan tekanan darah serta mengurangi risiko osteoporosis. Konsumsilah secara rutin biar badan anda tetap terjaga kesehatannya.

Resiko kesehatan pada singkong

Selain baik untuk kesehatan tubuh, mengkonsumsi singkong juga dapat menjadikan risiko tidak baik bagi kesehatan. Singkong mengandung akar alami yang beracun cyanogenic, senyawa glikosida linarmarin, dan metil linamarin. Oleh alasannya yaitu itu, kalau singkong dikonsumsi dalam keadaan masih mentah, maka dapat menyebabkan keracunan sianida dengan gejala muntah, mual, pusing, sakit perut, sakit kepala, dan bahkan hingga hingga pada kematian.

Jika secara umumnya, kandungan sianida pada singkong jauh lebih tinggi di adegan kulit luarnya. Jadi, mengupas singkong akan mengurangi kandungan sianida, termasuk juga pengeringan dengan sinar juga dapat mengurangi kandungan sianida pada singkong.

Demikianlah berita perihal Kandungan Gizi dan Manfaat Singkong untuk Kesehatan. Semoga berita diatas bermanfaat. Terimakasih.

Popular posts from this blog

Daftar Pantangan bagi Penderita Asam Urat

Daftar pantangan bagi penderita asam urat - Banyak orang yang bertanya-tanya mengenai makanan atau minuman apa saja sih yang menjadi pantangan bagi mereka penderita penyakit asam urat? Hal ini tidaklah mengherankan, mengingat cukup tingginya penderita penyakit sendi asam urat di Indonesia. Berbicara wacana asam urat, penyakit ini terjadi tanggapan adanya kandungan asam urat dalam darah yang cukup tinggi. Penyakit ini memang tidak menyebabkan kematian, namun penyakit asam urat ini dapat menyebabkan munculnya rasa nyeri bahkan mampu sampai terjadi kecacatan. Oleh alasannya yaitu itu sangat perlu bagi kita untuk melaksanakan penanganan dan penyembuhan, lebih-lebih lagi melaksanakan pencegahan. Penyakit asam urat disebabkan oleh banyak sekali macam faktor, namun yang paling umum biasanya karena faktor genetik atau keturunan. Cegahlah dan atasilah penyakit asam urat dengan menerapkan teladan hidup sehat. Salah satunya yaitu dengan menghindari makanan atau minuman yang menjadi pant

Makanan yang Baik untuk Kesehatan Mata

Makanan yang baik untuk kesehatan mata - Mata merupakan episode badan yang memiliki fungsi penting dalam kehidupan kita. Tanpa mata, kita tidak akan bisa melihat apa yang ada di depan kita. Itu sebabnya kita harus selalu menjaga kesehatan mata kapanpun dan di manapun. Untuk menjaga kesehatan mata, sesungguhnya ada banyak cara yang bisa kita lakukan untuk menjaga dan meningkatkan kesehatan mata kita. Dan yang paling utama ialah dengan selalu menerapkan contoh hidup sehat setiap harinya, mulai dari olahraga rutin, istirahat cukup, mengkonsumsi makanan bergizi, dan hindari kebiasaan yang dapat merusak kesehatan mata. Berbicara perihal makanan bergizi yang baik untuk kesehatan mata, ada banyak makanan yang bisa anda pilih, tentunya makanan yang dapat mendukung kesehatan mata kita. Nah, biar mata kita tetap terjaga kesehatannya, berikut ini beberapa makanan yang baik untuk kesehatan mata: Makanan yang Baik untuk Kesehatan Mata 1. Wortel Sayuran wortel memang sudah tidak

Penyebab Pilek dan Cara Mengobatinya

Penyebab pilek dan cara mengobatinya - Pilek yaitu salah satu jenis abses ringan yang terjadi pada hidung, susukan sinus, tenggorokan, dan susukan episode atas jawaban serangan virus. Biasanya pilek lebih sering dialami oleh bawah umur sampai dewasa, hal itu tergantung contoh hidup yang diterapkan dan kuatnya daya tahan tubuh setiap orang. Berbicara mengenai pilek, ada banyak hal yang menjadi penyebab terjadinya pilek. Seperti yang telah disinggung di atas, yang paling utama yaitu karena contoh hidup yang kurang sehat. Jika daya tahan tubuh kurang dan contoh hidupnya tidak sehat, maka akan semakin besar resiko terserang pilek. Biasanya orang yang terserang pilek akan mengalami beberapa gejala yang dapat dikenali. Antara lain, hidung sering mengeluarkan ingus, sering bersin, sering batuk, pernafasan tidak lancar, dan lain sebagainya. Lantas, bagaimana cara mengobati dan mencegah pilek? Untuk mencegah dan mengobati pilek, yang paling utama yaitu tahu mengenai penyebab dan gejal