Skip to main content

10 Cara Alami Mengobati Sakit Tenggorokan

Cara alami mengobati sakit tenggorokan - Sakit tenggorokan memang sering dialami oleh hampir semua orang. Baik itu orang bau tanah maupun anak-anak. Penyebabnya pun beragam, dan yang paling utama yaitu karena tidak menjaga teladan makan dengan baik, menyerupai makan sembarang makanan yang penting enak dan kenyang. Justru itulah yang menjadi pemicu sakit tenggorokan.

Berbicara mengenai sakit tenggorokan. Biasanya sakit tenggorokan juga disebabkan karena sering berteriak atau sering mengeluarkan bunyi dalam nada yang tinggi. Jika hal ini dilakukan terus menerus makan bisa menjadikan tenggorokan sakit. Lalu bagaimana cara mengobatinya? Sebelum itu, kita perlu tahu terlebih dahulu mengenai gejala-gejalanya. Biasanya radang tenggorokan akan ditandai dengan rasa sakit pada tenggorokan atau terasa perih. Segeralah melaksanakan pengobatan jikalau terjadi gejala tersebut.

Untuk mengobati sakit tenggorokan, bergotong-royong ada banyak cara yang bisa dilakukan. Namun yang lebih baik yaitu dengan secara pribadi konsultasi dokter ahlinya. Selain itu, untuk mempercepat pengobatan, anda bisa memanfaatkan bahan-bahan alami. Berikut ini beberapa cara alami untuk mengobati sakit tenggorokan:
 Sakit tenggorokan memang sering dialami oleh hampir semua orang 10 Cara Alami Mengobati Sakit Tenggorokan
10 Cara Alami Mengobati Sakit Tenggorokan

1. Jahe

Jahe yaitu salah satu jenis rempah-rempah yang memiliki banyak manfaat baik untuk kesehatan tubuh. Salah satunya yaitu baik untuk mengobati sakit tenggorokan. Untuk memanfaatkan jahe sebagai obat alami tenggorokan, anda cukup menumbuk jahe sampai halus dan kemudian seduh dengan air panas. Tambahkan beberapa sendok madu semoga lebih nikmat. Minumlah secara rutin.

2. Jeruk Lemon

Jeruk lemon juga bisa anda manfaatkan untuk membantu mengobati sakit tenggorokan. Anda bisa membuat ramuannya dengan cara mencampurkan 1 sendok teh air perasan lemon ke dalam gelas air matang. Kemudian minumlah secara rutin. Kandungan yang ada dalam jeruk lemon bisa meredakan inflamasi dan membantu membunuh kuman-kuman di tenggorokan.

3. Madu

Madu telah dipercaya akan kandungan antibakterinya, antivirus, dan antijamur yang tentunya dapat membantu melawan abuh kuman di tenggorokan. Anda bisa memanfaatkan madu untuk mengobati sakit tenggorokan. Cukup campurkan satu sendok makan madu dengan segelas air hangat. Konsumsilah secara teratur sehari 2-3 kali sampai sakit tenggorokannya sembuh.

4. Minyak kayu putih

Minyak kayu putih memang biasanya digunakan untuk mengobati sakit perut, perut kembung, masuk angin, dan sebagainya. Namun anda juga bisa memanfaatkan minyak kayu putih untuk mengobati sakit tenggorokan. Cukup teteskan minyak kayu putih di satu bejana air panas yang masih menguap. Hiruplah aroma hangat yang keluar dari bejana berisi air tersebut. Lakukan berulang kali sampai membaik.

5. Minum banyak air putih

Minum air putih secara rutin dan teratur sangatlah penting untuk dilakukan. Bahkan ada yang mengatakan minimal konsumsi air putih atau air mineral sebanyak 7-8 liter dalam sehari. Selain dapat menyeimbangkan cairan dalam badan anda, minum air putih secara rutin juga akan membantu mengobati sakit tenggorokan yang anda alami.

6. Berhenti merokok

Merokok yaitu salah satu kebiasaan yang kurang baik. Baik itu bagi perokok aktif maupun pasif, akan sangat berbahaya jikalau hal itu berlangsung terus-menerus dan berlebihan. Jika anda memiliki sakit tenggorokan, maka akan sangat dianjurkan untuk menjauhi kebiasaan merokok maupun asap rokok. Hal ini karena asap rokok dapat menjadikan sakit tenggorokan, bahkan sampai tumor tenggorokan.

7. Mengkonsumsi bawang putih

Mungkin kedengarannya asing jikalau disuruh mengkonsumsi bawang putih. Rasanya yang asing membuat kita enggan untuk mengkonsumsinya. Namun perlu kita ketahui bahwa bawang putih dapat membantu mengobati sakit tenggorokan. Bawang putih mengandung senyawa allicin yang dapat membunuh basil penyebab radang dan melawan kuman penyebab rasa sakit dan iritasi.

8. Daun kemangi

Daun kemangi mungkin akan terasa agak asing jikalau dikonsumsi orang yang belum terbiasa. Namun daun kemangi ini memiliki banyak manfaat, salah satunya yaitu dapat mengobati sakit tenggorokan. Anda bisa merebus daun kemangi dan minumlah airnya. Anda juga bisa melakukannya hanya dengan berkumur dengan air rebusan kemangi. Perlahan sakit tenggorokan akan reda.

9. Menghirup uap panas

Seperti yang telah dijelaskan di atas, yaitu menghirup uap air panas yang dicampur dengan minyak kayu putih. Namun disini anda bisa menghirup uap air panas tanpa dicampur apapun. Cukup air panas yang diletakkan dalam wadah panci atau sebagainya. Hiruplah melalui hidung, sesekali juga melalui mulut.

10. Konsumsi sup

Saat anda mengalami sakit tenggorokan, anda juga bisa memanfaatkan sup untuk mengobatinya. Jadi, anda bisa mengkonsumsi sup yang enak rasanya sekaligus mengobati tenggorokan. Anda bisa memilih sup ayam yang hangat dengan rasa sedikit asam. Tidak hanya meringankan sakit tenggorokan, tapi anda juga akan mendapat nutrisi yang membantu melawan peradangan.

Demikianlah informasi wacana 10 Cara Alami Mengobati Sakit Tenggorokan. Semoga informasi diatas bermanfaat. Terimakasih.

Popular posts from this blog

Daftar Pantangan bagi Penderita Asam Urat

Daftar pantangan bagi penderita asam urat - Banyak orang yang bertanya-tanya mengenai makanan atau minuman apa saja sih yang menjadi pantangan bagi mereka penderita penyakit asam urat? Hal ini tidaklah mengherankan, mengingat cukup tingginya penderita penyakit sendi asam urat di Indonesia. Berbicara wacana asam urat, penyakit ini terjadi tanggapan adanya kandungan asam urat dalam darah yang cukup tinggi. Penyakit ini memang tidak menyebabkan kematian, namun penyakit asam urat ini dapat menyebabkan munculnya rasa nyeri bahkan mampu sampai terjadi kecacatan. Oleh alasannya yaitu itu sangat perlu bagi kita untuk melaksanakan penanganan dan penyembuhan, lebih-lebih lagi melaksanakan pencegahan. Penyakit asam urat disebabkan oleh banyak sekali macam faktor, namun yang paling umum biasanya karena faktor genetik atau keturunan. Cegahlah dan atasilah penyakit asam urat dengan menerapkan teladan hidup sehat. Salah satunya yaitu dengan menghindari makanan atau minuman yang menjadi pant

Makanan yang Baik untuk Kesehatan Mata

Makanan yang baik untuk kesehatan mata - Mata merupakan episode badan yang memiliki fungsi penting dalam kehidupan kita. Tanpa mata, kita tidak akan bisa melihat apa yang ada di depan kita. Itu sebabnya kita harus selalu menjaga kesehatan mata kapanpun dan di manapun. Untuk menjaga kesehatan mata, sesungguhnya ada banyak cara yang bisa kita lakukan untuk menjaga dan meningkatkan kesehatan mata kita. Dan yang paling utama ialah dengan selalu menerapkan contoh hidup sehat setiap harinya, mulai dari olahraga rutin, istirahat cukup, mengkonsumsi makanan bergizi, dan hindari kebiasaan yang dapat merusak kesehatan mata. Berbicara perihal makanan bergizi yang baik untuk kesehatan mata, ada banyak makanan yang bisa anda pilih, tentunya makanan yang dapat mendukung kesehatan mata kita. Nah, biar mata kita tetap terjaga kesehatannya, berikut ini beberapa makanan yang baik untuk kesehatan mata: Makanan yang Baik untuk Kesehatan Mata 1. Wortel Sayuran wortel memang sudah tidak

Penyebab Pilek dan Cara Mengobatinya

Penyebab pilek dan cara mengobatinya - Pilek yaitu salah satu jenis abses ringan yang terjadi pada hidung, susukan sinus, tenggorokan, dan susukan episode atas jawaban serangan virus. Biasanya pilek lebih sering dialami oleh bawah umur sampai dewasa, hal itu tergantung contoh hidup yang diterapkan dan kuatnya daya tahan tubuh setiap orang. Berbicara mengenai pilek, ada banyak hal yang menjadi penyebab terjadinya pilek. Seperti yang telah disinggung di atas, yang paling utama yaitu karena contoh hidup yang kurang sehat. Jika daya tahan tubuh kurang dan contoh hidupnya tidak sehat, maka akan semakin besar resiko terserang pilek. Biasanya orang yang terserang pilek akan mengalami beberapa gejala yang dapat dikenali. Antara lain, hidung sering mengeluarkan ingus, sering bersin, sering batuk, pernafasan tidak lancar, dan lain sebagainya. Lantas, bagaimana cara mengobati dan mencegah pilek? Untuk mencegah dan mengobati pilek, yang paling utama yaitu tahu mengenai penyebab dan gejal